Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Volume perdagangan Qatar-Indonesia diperkirakan akan melebihi $1 miliar pada akhir tahun 2023, kata duta besar

Duta Besar RI Ridwan Hassan.

Duta Besar RI Ridwan Hassan.

Hubungan ekonomi bilateral Indonesia-Qatar yang kuat akan berperan dalam meningkatkan volume perdagangan kedua negara hingga 1 miliar dolar pada akhir tahun ini, menurut Duta Besar RI Ridwan Hassan.
Berdasarkan data yang disampaikan Kedutaan Besar Indonesia di Qatar kepada Gulf Times, volume perdagangan kedua negara mencapai $975,3 juta pada Januari hingga Juni 2023. Ekspor negara Asia Tenggara ke Qatar pada paruh pertama tahun 2023 mencapai $368,7 juta, sementara impornya mencapai $606,7 juta.
Data dari Kedutaan Besar menunjukkan bahwa perdagangan antara kedua negara mencapai $1,3 miliar pada tahun 2022, dengan ekspor Indonesia ke Qatar senilai $296,8 juta dan impor senilai $974 juta, dengan neraca perdagangan sebesar $677,2 juta menguntungkan Qatar.
Kedutaan juga mencatat peningkatan perdagangan Indonesia-Qatar dari $895 juta pada tahun 2020 menjadi $975,3 juta (Januari hingga Juni 2023) kecuali sedikit penurunan pada tahun 2021 ($893 juta).
Sejak Januari hingga Juni tahun ini, ekspor Indonesia ke Qatar mencakup ‘produk besi atau baja’, ‘kertas dan pulp kertas’; ‘Mesin, Peralatan, dan Suku Cadang Listrik’; ‘Kendaraan dan suku cadang serta aksesorisnya’; ‘sepatu, trotoar’; ‘Sabun, bahan aktif permukaan organik’; ‘Perabotan, tempat tidur, kasur’; ‘gumpalan, benang khusus, tali dan kabel’; ‘Peralatan keramik’; ‘kayu, kayu lapis, arang kayu’: ‘pakaian dan aksesoris pakaian, rajutan atau kaitan’; dan ‘minyak atsiri dan resinoid, wewangian, kosmetik atau sediaan toilet’.
Pada periode yang sama, ekspor Qatar ke Indonesia mencakup ‘gas, minyak dan produk olahannya’; ‘Aluminium dan Barang’; ‘Plastik dan Material’; dan ‘bahan kimia organik’, menurut informasi dari KBRI.
“Perdagangan Qatar-Indonesia jelas meningkat; Memang tidak sebesar negara lain, namun hubungan ekonomi bilateral kita semakin kuat dari tahun ke tahun. Qatar adalah pasar yang sangat terbuka dan banyak pemain dari negara lain menawarkan banyak produk di sini.
Meski begitu, Indonesia bisa menawarkan sesuatu yang berbeda untuk melengkapi industri lokal di sini. Meski merupakan pasar yang kompetitif, Indonesia tetap bisa bersaing dengan pemain besar dengan menyediakan produk-produk unik namun penting bagi pasar, kata Hassan. Waktu Teluk.
Berbicara tentang partisipasi kedutaan dalam Hospitality Qatar 2023 yang baru-baru ini diadakan, Hassan mengatakan ia melihat partisipasi sejumlah besar perusahaan swasta dari Indonesia.
“Kami memiliki sejumlah besar perusahaan Indonesia yang berpartisipasi dalam Hospitality Qatar 2023, yang mencerminkan hubungan kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Qatar. Hubungan dekat kami dengan negara ini akan berperan dalam membantu kami memenuhi harapan kami untuk melampaui total volume perdagangan tahun lalu,” tambah Hassan.

READ  Kilang minyak di Indonesia terbakar, memicu emisi

Cerita terkait

Waktu Teluk