April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tanah longsor dan banjir di Indonesia menyebabkan sembilan orang hilang

Tanah longsor dan banjir di Indonesia menyebabkan sembilan orang hilang

JAKARTA: Setidaknya sembilan warga Indonesia hilang dalam semalam dan lebih dari 200 orang dievakuasi setelah tanah longsor dan banjir melanda desa mereka di pulau Jawa, kata seorang pejabat, Senin.

Desa Sibenda di provinsi Jawa Barat terendam banjir setelah diguyur hujan selama beberapa jam menjelang tengah malam pada Minggu malam saat banyak penduduk desa sedang tidur.

“Sembilan orang hilang setelah banjir dan tanah longsor melanda (kabupaten) Bandung Barat pada Minggu malam,” kata Abdul Muhari, juru bicara badan mitigasi bencana negara, dalam sebuah pernyataan.

Dua lainnya terluka dan dibawa ke klinik, kata Muhari.

Pejabat setempat Reka Vicuna mengatakan kepada AFP bahwa tim penyelamat telah tiba di desa terpencil untuk mencari orang hilang.

Ia mengatakan, sekitar 250 warga setempat dievakuasi ke balai desa dan sekolah-sekolah diubah menjadi tempat penampungan sementara setelah puluhan rumah rusak.

Indonesia rentan terhadap tanah longsor pada musim hujan dan masalah ini diperparah di beberapa tempat dengan penggundulan hutan, dan hujan lebat yang berkepanjangan membanjiri sebagian wilayah negara kepulauan ini.

Memperluas

Awal bulan ini, banjir bandang dan tanah longsor di Pulau Sumatera menewaskan sedikitnya 30 orang dan menyebabkan banyak lainnya hilang.

Pada bulan Desember, tanah longsor dan banjir menyapu puluhan rumah dan menghancurkan sebuah hotel di dekat Danau Toba di Sumatera, menewaskan sedikitnya dua orang.

READ  Indonesia menyita kapal tanker berbendera Iran atas dugaan transfer minyak mentah