April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Taman Indonesia ini sulit dijangkau, tetapi layak dikunjungi oleh penyelam scuba dan perenang snorkel.

Taman Indonesia ini sulit dijangkau, tetapi layak dikunjungi oleh penyelam scuba dan perenang snorkel.

Seperti Amerika, Indonesia sangat besar. 17.000 pulaunya membentang lebih dari 2.500 mil dari Sumatera di barat hingga Papua Barat di timur.

Dibutuhkan lebih dari tiga jam untuk terbang dari Singapura ke kota pelabuhan Makassar di ujung barat daya pulau Sulawesi.

Karena kami berada di lingkungan itu, kami ingin melakukan penyelaman dan snorkeling yang terkenal di dunia di terumbu karang. Taman Nasional Punagan.

Tapi Sulawesi adalah pulau terbesar kesembilan di dunia. Untuk sampai ke Punaken, seseorang harus terbang sejauh 587 mil dari Makassar ke Manado, di ujung timur laut pulau.

Dari bandara, pelabuhan berjarak 30 menit berkendara dan 45 menit naik perahu. Resor Menyelam Bastianos.

Seperti Alaska, beberapa destinasi terbaik Indonesia sulit diakses. Apakah layak bersusah payah naik pesawat, van, atau perahu untuk sampai ke Punaken?

Jika Anda seorang penyelam, jawabannya adalah “ya!”

Penyelam bukan satu-satunya petualang yang muncul di pulau itu. Tetapi resor kecil, dengan kurang dari 25 kamar, secara khusus disiapkan untuk mereka yang ingin menjelajahi terumbu karang terdekat dan melihat karang, ikan, dan penyu laut yang melimpah di daerah tersebut.

“Sebagian besar tamu kami adalah penyelam yang serius,” kata manajer resor Paul Rose. Ross dan istrinya, Carolyn Boll, keduanya adalah instruktur selam bersertifikat Asosiasi Profesional Instruktur Selam.

Bagi kebanyakan orang, scuba diving adalah yang paling dekat dengan berjalan di luar angkasa. Menjelajahi dunia bawah laut dalam keadaan tanpa bobot adalah perasaan yang luar biasa.

READ  Calon terdepan dalam pemilihan presiden Indonesia melakukan debut kampanye mereka

Saat kapal kami dari Manado mendekati pantai, Anda dapat melihat House Reef di lepas pantai resor. Anda tidak perlu perahu untuk melihat semua terumbu karang dan ikan, apakah Anda sedang menyelam atau snorkeling.

“Batu kami sangat indah,” kata Carolyn Boll. House Reef adalah salah satu dari lebih dari 30 tempat menyelam di sekitar pulau. Banyak situs terbaik dapat diakses dalam waktu 10 menit dengan perahu.

Setibanya di sana, perahu kami kembali ke pantai dan kami masuk ke air untuk berjalan-jalan ke darat. Karena Paul dan Caroline adalah instruktur selam, mereka dapat dengan cepat memasukkan Anda ke dalam air dengan peralatan selam.

Meskipun kami snorkeling, kami pergi dengan penyelam dan resor menyediakan panduan snorkeling. Sepanjang jalan, kami melihat karang besar, ikan tropis, dan kura-kura di dekat permukaan. Penyelam melihat semua yang ada untuk dilihat hingga sekitar 60 kaki.

Fitur favorit saya dari tempat menyelam adalah dinding karang yang turun dengan cepat ke kedalaman yang dingin. Sebagai perenang snorkel, sangat mudah untuk berenang di sekitar tepian dinding dan melihat ribuan ikan berenang di formasi terumbu karang.

Penyu adalah bonus nyata dalam perjalanan kami. Kadang-kadang mereka tergantung di tempat datar di bebatuan. Di lain waktu, mereka secara aktif memotong sesuatu yang jauh di dalam karang. Namun, sebagian besar, mereka berenang — menikmati pemandangan.

Segala sesuatu di resor berputar di sekitar penyelaman. Hampir semua orang check-in di kapal pada pukul 8:30 pagi, dan beberapa penyelam membawa peralatan sendiri (kecuali tangki selam). Tapi seperti kami, yang lain menggunakan perlengkapan resor, termasuk masker, sirip, dan snorkel. Penyelam lain dalam grup mendaftar untuk menggunakan pengatur udara resor, rompi atau PC kompensasi daya apung, sabuk pemberat, dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk penyelaman yang baik.

READ  Indonesia beralih ke jagung untuk memperluas sumber pangan di luar beras dan gandum

Kapal pagi memiliki penyelaman dua tangki, jadi Anda kembali untuk makan siang. Tergantung pada cuaca, penyelam dapat mendaftar pada jam 3 sore, yang merupakan penyelaman tangki.

Meskipun tidak wajib, semua orang berkumpul di sekitar meja yang sama untuk makan malam untuk berbagi catatan tentang penyelaman hari itu. Ini termasuk ulasan tentang ikan yang Anda lihat, visibilitas, gambar jika ada fotografer di kapal, dan kisah petualangan menyelam lainnya.

Tamu lain di resor termasuk seorang penyelam dari Malaga, Spanyol. Dia melakukan perjalanan sembilan bulan keliling dunia, termasuk banyak tempat menyelam yang eksotis. Sepasang suami istri dari Munich memiliki semua peralatan mereka, termasuk beberapa kamera mewah untuk ikan dan karang yang cukup terang.

Sebagian besar penyelam tinggal selama seminggu untuk mendapatkan pilihan lokasi penyelaman yang bagus. Kami tinggal selama tiga hari agak aneh – tetapi sudah waktunya untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken.

Apakah feri, penerbangan, dan naik van sepadan? Taman Nasional Punagan sedang menuju ke mana-mana. Melainkan di ujung jalan. Tetapi bagi seorang penyelam atau penjelajah mana pun, ujung jalan adalah tempat petualangan sesungguhnya dimulai.

[Correction: This story has been updated to correct the spelling of photographer Simon Birner’s name.]