Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tahun berbahaya bagi demokrasi Indonesia – Selasa, 3 Januari 2023

Oleh Patrick Green dan Haigal (Jakarta Post)

Premium

Padang, Sumatera Barat ●
Selasa, 3 Januari 2023

Sebagai negara muda dan berkembang pesat, Indonesia tentu menghadapi banyak tantangan. Yang terbesar dari ini adalah pelestarian demokrasi. Konstitusi meletakkan dasar yang kuat bagi Indonesia untuk mengembangkan pemerintahannya dengan tetap mempertahankan hak-hak dasar dan kebebasan yang menentukan masyarakat sipil yang adil dan adil. Namun demikian, tahun ini telah terlihat upaya yang kuat untuk merongrong dan mengikis demokrasi, termasuk langkah-langkah untuk memperlemah independensi Mahkamah Konstitusi dan memberlakukan pembatasan kebebasan pers.

Ini memuncak pada upaya berbahaya untuk menunda pemilu 2024 secara inkonstitusional, seperti yang disarankan baru-baru ini oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Susatyo.

Pemilu adalah urat nadi demokrasi, menentukan pembagian kekuasaan dan memungkinkan rakyat untuk secara langsung mempengaruhi jalannya pemerintahan. Besarnya dampak mereka dijelaskan oleh besarnya konsekuensi ketidakhadiran mereka.

Baca cerita lengkapnya

BERLANGGANAN SEKARANG

Dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • E-Post adalah koran digital harian
  • Tidak ada iklan, tidak ada gangguan
  • Akses eksklusif ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

READ  Lulusan Albert Lea untuk bergabung dengan Peace Corps, akan ditempatkan di Indonesia - Albert Lea Tribune