Oktober 18, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Warong Midwest Pertama dan Satu-satunya Kelontong Indonesia | Fitur makanan dan minuman

Tambia Hortono memiliki 600 item berbeda di rak di Warong di Schaumburg.  - Matthew Gilson untuk Chicago Reader

  • Tambia Hortono memiliki 600 item berbeda di rak di Warong di Schaumburg.
  • Matthew Gilson ke Chicago Reader

Tasya Hortono berpikir keras tentang di mana menemukan toko kelontong Indonesia pertama dan satu-satunya di Midwest.

“Orang Indonesia suka nongkrong di Woodfield Mall di Mitsui, ada resto yang namanya Asian Noodle [House]. Jadi saya membuka peta. ”

Dia menemukan tempat yang sempurna di bekas toko ponsel di Schaumburg Strip Mall, hanya beberapa menit di barat daya restoran Pan-Asia dengan beberapa hidangan Malaysia di menu. Hingga saat ini, masyarakat Indonesia di Chicago tidak memiliki tempat tersendiri dalam hal produk retail atau restoran. Ketika chef John Avila membuka Minahasa di Revival Dining Hall Januari lalu, hal itu mulai berubah, terlepas dari pump rooks Indo-Cajun yang sangat aktif namun sering dikunjungi kembali.

Seperti banyak koki yang saya tutup selama epidemi, mantan koki Gibsons Italia, Avila, memanfaatkan waktu aktifnya dan terinspirasi oleh makanan kuliner pribadi di kampung halaman ibunya di Sulawesi Utara. Ketika saya menulis tentang dia pada bulan November, dia menerima pesanan melalui Instagram, tetapi bermimpi membuka lokasi batu bata dan mortir. Pada awal Januari dia dan Betty mengambil langkah besar dan menetap di Renaissance. Itu sama sibuknya dengan rahasia, tetapi dia merasa seperti itu di atas kepalanya. Dia tahu bagaimana menjalankan dapur, tetapi berkata, “Saya tidak tahu bagaimana menjalankan bisnis saya secara teknis.”

Sementara itu, Hortono kembali dari tahun yang sangat sulit. Lahir di Jakarta, ia telah bekerja di manajemen menengah restoran fast casual chain di pinggiran utara selama 25 tahun terakhir, pindah dari server ke manajer di Panda Express, dan mengawasi beberapa KFC / Taco. Lokasi lonceng. Sesaat sebelum COVID-19, ia didiagnosis menderita kanker payudara.

Dia memulai perawatan, tetapi di musim panas manfaat FMLA-nya habis, dan dia kehilangan pekerjaannya sebagai ahli pelatihan di Panera Bread. “Semua yang saya pikir hancur,” katanya. Tapi dia berpikir, “Itu tidak akan selamanya.”

READ  Sabtu (21 Agustus) 16.744 kasus baru Pemerintah-19 dilaporkan pemberontakan Delta menempatkan wanita hamil pada risiko yang lebih tinggi

Dia menjalani operasi, kemo dan radiasi, dan pada bulan Januari dokter memberinya tagihan yang sehat. Dia mulai merencanakan langkah selanjutnya. “Suami saya berkata, ‘Mengapa tidak memulai sesuatu yang selalu ingin Anda lakukan?’ Selama tahun-tahun itu saya mencari uang orang lain dan saya mulai mencari restoran untuk dijual.”

Dia terutama ingin membuka restoran Indonesia. Dia mengenal para koki di komunitas yang menjual makanan tradisional rumahan dalam jumlah banyak kepada teman dan keluarga, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana menjalankan dapur profesional. “Saya bertanya-tanya apa yang baru di Chicago selama epidemi,” baca Avila. Pembaca. Betty dan dia merasa itu pacar ibunya. “Kami tahu Mommy Box membuat telur gulung yang enak.”

Pada hari kedua Minahasa di Renaissance, dia dan suaminya pergi ke kota untuk memesan Ayam Tuduruka dan rendang sapi. “Saya memperkenalkan diri. Saya berkata, ‘John, siapa yang bekerja dengan Anda?’ ‘Saya dan ibu saya.’ Saya berkata, “Anda ingin bermain. Bagaimana saya bisa membantu? ‘”

Dia muncul satu jam sebelum pembukaan keesokan paginya – dan mulai di lapangan. “Keesokan harinya dia berkata, ‘Saya ingin berinvestasi,'” kata Avila. “Kita bisa mempercayainya,” kata ibuku. ”Hortono menerima pesanan, membantu buka tutup, dan umumnya merawat bagian depan rumah karena lalu lintas di ruang makan berangsur-angsur mulai meningkat.

Matthew Gilson untuk Chicago Reader

  • Matthew Gilson ke Chicago Reader

Matthew Gilson untuk Chicago Reader

  • Matthew Gilson ke Chicago Reader

Selama sebulan terakhir, jika Anda membutuhkan bahan dasar masakan Indonesia, lilin, abu, atau makanan ringan dan alam semesta tekstual garing dan kerupuk yang disajikan dengannya, Anda bisa beruntung di supermarket Vietnam di kota ini. Tapi karena pasar Golden Pacific ditutup pada tahun 2017, jika Anda Grand Achats mencari Klovak Cubas, itu bukan dadu, bukan koki. Hortono memperhatikan bahwa ketika Avila membutuhkan terasi atau kegab Indonesia, dia sering mogok di Jalan Argyle. Ketika dia memesan barang curah dari importir di pantai, dia mengenakan biaya yang lebih tinggi.

READ  Burger King Indonesia Memperkenalkan Penghapusan Sayuran Dengan Tukang Daging Vegetarian

Perwakilan penjualan importir yang berbasis di LA dari rasa malu yang mereka rasakan, memotong perantara dan impor Indonesia hartono menyarankan untuk memasang pusat ritel Midwest, restoran kapal dan penghematan terbaik. Sekitar waktu yang sama, konsulat Indonesia mampir ke Minahasa untuk membeli banana fritter dan merekomendasikan hal yang sama.

Mitra berjabat tangan dengan gagasan itu, dan pada bulan Juni, Hortono, Avila, dan mitra ketiga memberikan dorongan besar ke Warong, dua hari kemudian, nampan pertama dari lima barang komersial, susu bayi berwarna abu-abu dan enak bocor di lantai sebuah gudang perusahaan truk.

Tetapi suami Hardono, Hardy, bekerja di bidang logistik untuk perusahaan pengemasan dan dia tahu bagaimana memastikan sisa stok tiba tepat waktu. Untuk menyimpan rak untuk keluarga dan teman, siapkan sistem karaoke untuk memotong titik input dan pemotongan pita kode penjualan. Jenderal kedutaan, seperti walikota Schaumburg, menunjukkan lebih banyak angka. Warong, kata untuk toko umum desa kecil, dibuka untuk bisnis.

Pembaca Chicago Matthew kilcan

  • Matthew Gilson ke Chicago Reader

Hortono, yang membagi waktunya antara Minahasa dan toko, memiliki 600 item berbeda. Isinya sekitar 25 jenis keripik dan kerupuk (udang, singkong, cumi, dll.), 20 jenis abu, dan puluhan campuran bumbu dan pasta siap pakai untuk masakan versi cepat dan mudah seperti rendang, choto ayam, nasi goreng. , Atau Pumpu Bachchan – Ditambah sebagian besar bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya segar (termasuk kubus sarung tangan).

Bulan lalu dia memberi saya rambutan berwarna fuchsia yang jarang terlihat dari kotak yang dia pilih sendiri dari pemasok buahnya yang berbasis di Florida, dan mengajak saya berkeliling sebentar di dua gang sempit toko.

READ  Saleem Group, perusahaan patungan Indonesia, memanfaatkan Google cloud secara digital

Mi Sedop memiliki spektrum penuh mie instan yang memiliki rasa rendang pedas yang sangat tidak biasa dengan cabai hijau; Varietas manis dan panas, pelinjo dibuat dari kembang api; starter tempe; lilin utuh; Dan pasta kacang untuk kado kado. Ada bagian untuk kerajinan tangan dan pengobatan topikal; Teh dan kopi; Dan lorong yang memusingkan penuh dengan makanan ringan, dari mana dia meremas sekantong penuh keripik singkong lada hantu dan sekantong lagi kegunaan Karibia – liku-liku usus ayam rasa telur asin yang renyah dan asin. (Mereka adalah makanan ringan).

Orang-orang dari Rockford, Indiana, Michigan, Wisconsin, dan Iowa datang untuk membeli barang-barang ini. Dua minggu yang lalu, dua kawan mengisi koper mereka dengan barang senilai $600 dan kembali ke Nebraska. Pada akhir setiap minggu untuk dibawa di toko membuat menu kecil Minggu lalu Martabuck Delor (roti isi daging), tahu ic (isian tahu), roti sobek coklat (roti manis coklat), dan acar sayuran seperti medley agar, giardiniera Indonesia.

Sementara itu, daya beli Hortono memungkinkan Minahasa untuk mengirimkan produk seperti terry terry dari Jawa Utara dengan harga impor, menghindari markup massal. “Dari mana udang terbaik berasal,” katanya.

Dia juga bisa mendapatkan barang langka dan sulit seperti ro, yang ditambatkan dari Sulawesi Utara yang diproses Avila sebagai gaji; Dan kue ketan kelapa bakar berbalut daun pisang Lampa membutuhkan tuna cakalang asap yang dia butuhkan.

Akan sangat menyenangkan melihatnya membuat banyak koleksi masakan Indonesia yang tidak biasa. “Banyak hal yang belum saya lihat sejak saya orang Indonesia-Amerika,” katanya. “Jadi saya senang berada di dekatnya untuk memperluas wawasan saya. Dia memperkenalkan saya pada hal-hal baru yang bukan pekerjaan saya. Ini adalah taman bermain bagi saya.” v