Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Inflasi Desember di Indonesia mencapai 5,51% year-on-year

JAKARTA, 2 Jan (Reuters) – Inflasi Indonesia sedikit naik pada bulan Desember, di atas kisaran target bank sentral untuk bulan ketujuh berturut-turut, data resmi menunjukkan pada hari Senin, karena pengeluaran rumah tangga meningkat selama liburan akhir tahun.

Itu naik menjadi 5,51% pada bulan Desember, dibandingkan dengan 5,42% pada bulan November dan 5,39% yang diharapkan oleh analis yang disurvei oleh Reuters.

Kisaran target inflasi Bank Indonesia (BI) adalah 2% hingga 4%. Pada pertemuan bulan lalu, bank sentral memperkirakan inflasi Desember tidak akan melebihi 5,4%.

BI menaikkan suku bunga kebijakan sebesar total 200 basis poin antara Agustus dan Desember untuk membawa inflasi dalam kisaran targetnya tahun ini.

Harga bulan Desember didorong oleh harga yang lebih tinggi untuk bahan bakar, tiket pesawat, sewa rumah dan bahan makanan seperti beras dan telur, kepala BPS Marco Uwono mengatakan pada konferensi pers.

Tingkat inflasi inti tahunan, yang tidak termasuk harga yang dikendalikan pemerintah dan harga makanan yang tidak stabil, naik menjadi 3,36% dari 3,30% sebulan sebelumnya, sementara jajak pendapat Reuters memperkirakan angka tersebut menjadi 3,39%.

Dilaporkan oleh Stefano Suleiman, Francesca Nangoi, Gayatri Suroyo; Diedit oleh Martin Petty

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Air kompleks: Apa yang menyebabkan busa misterius terbentuk di Terusan Jakarta? | Indonesia