April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Sudah resmi bahwa Prabowo Subianto telah terpilih sebagai presiden Indonesia berikutnya.  Mengapa hal ini ditentang?

Sudah resmi bahwa Prabowo Subianto telah terpilih sebagai presiden Indonesia berikutnya. Mengapa hal ini ditentang?

JAKARTA, Indonesia (AP) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia pada Rabu mengumumkan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Jenderal…

JAKARTA, Indonesia (AP) — Indonesia Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan Prabowo Subianto, mantan menteri pertahanan umum yang terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu, terpilih sebagai presiden pada hari Rabu. Hasil tersebut langsung menuai tuduhan kecurangan dari rival politik Prabowo.

Mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo mengatakan mereka berencana untuk menantang keputusan resmi di pengadilan tertinggi negara tersebut.

Pemilu pada tanggal 14 Februari akan menjadi pemilu kelima di Indonesia sejak penggulingan kediktatoran pada tahun 1998. Dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, kepulauan ini adalah negara dengan jumlah penduduk terpadat di Asia Tenggara dan perekonomian terbesarnya.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang hasil tersebut dan mengapa hasil tersebut ditantang.

Apa hasilnya?

Subianto, mantan jenderal pasukan khusus berusia 72 tahun yang memiliki hubungan dengan mantan diktator dan petahana Presiden Joko Widodo, muncul sebagai pemenang pada hari pemilihan, dengan penghitungan tidak resmi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemungutan suara menunjukkan bahwa ia unggul jauh.

Kemenangan itu dikonfirmasi oleh penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum, sebuah proses melelahkan yang berlangsung lebih dari 30 hari. Subianto meraih 58,6% suara, Basvedan 24,9%, dan Pranovo 16,5%.

Mengapa para kandidat menantang hasil pemilu?

Kedua calon yang kalah mengatakan ada kejanggalan sebelum, saat, dan setelah pemilu.

Widodo menghadapi kritik karena memberikan dukungannya kepada Subianto. Presiden yang akan segera keluar dari jabatannya telah menjauhkan diri dari partainya sendiri dan melakukan serangkaian langkah yang dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan kampanye Subianto. Sebagai gantinya, presiden Indonesia diharapkan tetap netral dalam pemilu.

READ  Mayat tiga orang Rohingya ditemukan saat Indonesia menyelesaikan operasi penyelamatan di kapal yang terbalik | Berita Rohingya

Hal ini terjadi di tengah kampanye bantuan sosial besar-besaran dari pemerintah – jauh lebih banyak daripada yang dibelanjakan selama pandemi Covid-19. Widodo menyalurkan dana tersebut secara langsung di beberapa provinsi yang sedang diawasi.

Para penggugat menuduh Mahkamah Konstitusi bertindak tidak pantas dengan mengizinkan Subianto memilih putra Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai pasangannya, meskipun ia tidak memenuhi persyaratan usia konstitusional.

Ia merupakan kakak ipar Ketua MK saat itu, Anwar Usman Widodo. Sebuah komite etik Dia memaksa Usman mengundurkan diri Karena gagal mengundurkan diri dan melakukan perubahan pada menit-menit terakhir terhadap persyaratan pencalonan pemilu, ia diizinkan untuk tetap berada di pengadilan selama ia tidak berpartisipasi dalam kasus-kasus terkait pemilu.

Apa saja tantangan kesuksesan?

Tantangan pemilu apa pun akan menghadapi banyak rintangan, kata pengacara Dotung Mulya Lubis, yang mewakili Pranovo. Keunggulan Subianto mencerminkan keunggulannya dalam jajak pendapat pra-pemilu.

“Kalau bicara sengketa pemilu, kita tidak hanya bicara hasil pemilu, tapi juga proses pemilu menjelang pemilu,” kata Lupis kepada wartawan, 14 Maret.

Kapan pengadilan diharapkan mengambil keputusan?

Di Indonesia, sengketa pemilu dapat diajukan ke Mahkamah Konstitusi dalam waktu tiga hari sejak hasil resmi diumumkan. Pengadilan diperkirakan akan memberikan putusannya pada 7 Mei.

Kasus apa pun akan diputuskan oleh delapan hakim, bukan oleh pengadilan yang beranggotakan sembilan orang, karena Osman harus mengundurkan diri.

Presiden baru diperkirakan akan menjabat pada 20 Oktober dan menunjuk kabinet dalam waktu dua minggu.

Subianto, siapa pemenangnya?

Subianto Saingan lama Presiden Joko Widodo, ia dua kali mencalonkan diri sebagai presiden dan menolak menerima kekalahannya pada kedua kesempatan tersebut pada tahun 2014 dan 2019.

READ  Menteri Luar Negeri Australia ke Indonesia untuk Pertemuan Menteri Pariwisata dan Pertanian G20

Namun Widodo menunjuk Subianto sebagai kepala keamanan setelah terpilih kembali, sehingga membuka jalan bagi aliansi meskipun ada partai politik yang bersaing. Saat kampanye, Subianto ikut serta Penerus presiden populer yang akan keluarNegara ini berjanji untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan penting seperti membangun ibu kota baru bernilai miliaran dolar dan membatasi ekspor bahan mentah yang bertujuan untuk meningkatkan industri dalam negeri.

Subianto, yang berasal dari salah satu keluarga terkaya di Indonesia, sangat kontras dengan Widodo, yang berasal dari latar belakang sederhana dan sering bergaul dengan kelompok kelas pekerja saat menjabat sebagai presiden.

Subianto adalah seorang komandan pasukan khusus sampai ia digulingkan oleh militer pada tahun 1998 atas tuduhan bahwa ia berperan dalam penculikan dan penyiksaan aktivis serta pelanggaran lainnya. Dia tidak pernah diadili dan dengan keras menyangkal keterlibatannya, meskipun banyak anak buahnya diadili dan dihukum.

Hak Cipta © 2024 Associated Press. Seluruh hak cipta. Konten ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, direkam, atau didistribusikan ulang.