April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Prabowo memenangkan pemilihan presiden Indonesia: Komisi Pemilihan Umum

Prabowo memenangkan pemilihan presiden Indonesia: Komisi Pemilihan Umum

KPU resmi mengumumkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih suara terbanyak pada pemilu presiden bulan lalu.

Prabowo, yang sudah tiga kali menjadi calon presiden, memenangkan pemilu pada tanggal 14 Februari dengan 58,6 persen suara, mengungguli saingannya Anis Basvedan dan Kanchar Branovo, yang masing-masing memperoleh 24,9 persen dan 16,5 persen. Komisi Pemilihan Umum mengkonfirmasi hasil tidak resmi yang dikeluarkan oleh lembaga survei independen bulan lalu.

Prabowo diperkirakan akan mengambil alih jabatan Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober.

Sekitar 5.000 petugas polisi disiagakan di ibu kota, Jakarta, untuk mengantisipasi protes pendukung kandidat yang kalah.

Kantor pusat KPU ditutup dengan kawat silet.

Berterima kasih kepada para pemilih pada hari Rabu, Prabowo mengatakan pemilu bulan lalu berjalan lancar.

Anis, mantan Gubernur Jakarta, mengatakan setelah hasil pemilu diumumkan bahwa negara berada dalam “situasi tidak normal” dan menambahkan bahwa kelompoknya akan mengajukan pengaduan ke Mahkamah Konstitusi mengenai proses pemilu.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Indonesia

Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Indonesia mengumumkan hasil pemilu bulan lalu. (Foto AP)

Ketua Komisi Pemilihan Umum Hashim Asyari tiba-tiba menghentikan pengumuman langsung beberapa menit setelah hasil diumumkan, dengan alasan perlunya “memperbaiki” dokumen sebelum melanjutkan pertemuan.

Para pejabat tidak merinci amandemen apa yang akan dilakukan.

Prabowo, mantan komandan pasukan khusus, memenangkan pemilu berdasarkan kelanjutan dari platform petahana Widodo selama dua periode, popularitas presiden, dan janji untuk memanfaatkan dukungan dari basis pemilih muda terbesar di Indonesia dengan menggunakan media sosial seperti TikTok.

Jalan Prabowo menuju kemenangan telah dirusak oleh kontroversi dan kekhawatiran mengenai politik patronase atas aliansinya dengan presiden, yang dikenal sebagai Jokowi, yang secara luas dituduh menyalahgunakan posisinya demi kepentingan mantan saingannya.

READ  Membuka masa depan digital pertanian Indonesia

Putra Jokowi yang berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming, adalah pasangan Raga Prabowo dan dijadwalkan menjadi wakil presiden karena adanya perubahan aturan kelayakan pada menit-menit terakhir oleh pengadilan yang dipimpin oleh saudara ipar presiden.

Partai terbesar di Indonesia, PTI-B, meraih suara terbanyak dalam pemilihan umum pada hari yang sama, disusul oleh partai Kolkar dan partai Gerindra yang mengusung Prabowo di tempat ketiga, demikian diumumkan KPU.

dengan AP