Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Singtel menandatangani kesepakatan pengembangan pusat data pertama di Indonesia

Singtel telah meluncurkan rencana untuk pusat data pertamanya di Indonesia, di mana ia berharap dapat memanfaatkan permintaan yang terus meningkat untuk layanan digital dan cloud. Itu telah mendaftar mitra lokal Metco Power dan Telkom, yang terakhir akan memiliki kepemilikan mayoritas fasilitas baru.

Baik Singtel dan Metco Power akan menjadi pemegang saham minoritas dari pusat data hyperscale, yang akan didirikan di Kawasan Industri Kapil di pesisir timur Batam.

Pusat data yang akan dikembangkan dalam tiga tahap di atas lahan seluas delapan hektar ini akan memiliki kapasitas 51 megawatt (MW) setelah selesai sepenuhnya, kata Singtel dalam sebuah pernyataan, Rabu. Pada tahap awal, kompleks tersebut akan beroperasi pada 20 MW, kata pihak telekomunikasi.

Ia menambahkan bahwa fasilitas tersebut akan memenuhi standar industri terbaru tentang keselamatan dan keberlanjutan, dengan sumber daya ganda termasuk energi terbarukan dari Metco Power.

Andrew Lim, chief commercial officer bisnis pusat data regional Singtel, mengatakan: “Kemitraan strategis dengan Telkom dan Metco Power di Batam ini menandai langkah pertama kami ke pasar pusat data di Indonesia. Sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia adalah milik kami fokus. Rencana ekspansi di pasar dengan pertumbuhan tinggi.”

Ekonomi digital pasar ASEAN diperkirakan mencapai $130 miliar pada tahun 2025. Laporan SEA E-Government Dari Google, Temasek dan Bain & Company. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pasar pusat data Indonesia menjadi $2 miliar pada tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 11%, kata Singtel, merujuk pada penelitian oleh Frost dan Sullivan.

Di tempat lain di ASEAN, Singtel juga menambah kapasitas Pusat Data Singapura Itu juga membangun pusat data 20MW di Thailand dengan mitra lokal Gulf Energy dan Advanced Information Services (AIS). Fasilitas induk akan mulai beroperasi pada tahun 2025.

READ  Air Launch of the Week: Super Air Jet di Indonesia

Cakupan terkait