Juli 30, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Singapura kirim pasokan dan peralatan medis ke Indonesia karena catatan harian kasus COVID-19

SINGAPURA: Singapura telah mengirim pasokan dan peralatan medis ke Indonesia pada Jumat (9 Juli) di tengah peningkatan kasus Pemerintah-19, kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA).

Indonesia mencatat rekor harian baru 38.391 infeksi Kovit-19 dan 852 kematian pada Kamis, jumlah kematian tertinggi per hari, menurut data resmi.

Lebih dari 2,4 juta kasus COVID-19 telah dilaporkan di negara itu sejak wabah, 63.760 di antaranya telah meninggal.

Baca: Peningkatan Kasus COVID-19 di Indonesia Menyebar ke Area Tambang Batubara

“Singapura berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia melawan kebangkitan COVID-19,” kata MFA dalam sebuah pernyataan.

Menanggapi permintaan Indonesia, pemerintah Singapura awalnya menyediakan pasokan dan peralatan medis, termasuk tabung oksigen, konsentrator oksigen, ventilator dan alat pelindung diri seperti ahli bedah dan masker N95, sarung tangan, dan gaun.

Dua C-130 Angkatan Udara Singapura berangkat dari Bandara Buruh Baya menuju Jakarta pada Jumat pagi.

Beberapa lembaga pemerintah di Singapura dan Indonesia telah bekerja sama secara erat untuk mengatur pengiriman pasokan medis dalam waktu singkat, kata MFA.

Menteri Luar Negeri Dr. Vivian Balakrishnan dan Dubes RI Suryo Pratomo meninjau perbekalan dan peralatan medis, termasuk tabung oksigen untuk Indonesia. (Foto: MFA)

Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan menyerahkan perbekalan dan peralatan medis di Bandara Paya Labor kepada Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo.

“Selama satu setengah tahun terakhir, kita semua telah mengatasi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh COVID-19 kepada kita,” kata Dr. Balakrishnan dalam komentarnya pada upacara penyerahan.

Menteri mengatakan tantangan telah “meningkat” karena variasi delta telah menyebar ke seluruh dunia selama beberapa bulan terakhir.

“Situasi Indonesia sekarang bertanggung jawab atas penyebaran keragaman delta, dan sebagai tetangga dekat dan mitra kami berdiri dalam solidaritas dengan seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Barang dikirim ke Indonesia (3)

Menteri Luar Negeri Dr. Vivian Balakrishnan dan Dubes RI Suryo Pradomo bersama Tim Misi Angkatan Udara Singapura. (Foto: MFA)

Tahun lalu, Singapura mengirimkan alat uji COVID-19 dan alat lainnya ke Indonesia.

“Sebagai gantinya – saya rasa tidak banyak orang yang tahu – ketika kami harus memasang fasilitas perawatan sosial dengan sangat cepat, Republik Indonesia sangat membantu dalam menyediakan peralatan dan furnitur yang kami butuhkan,” kata Dr. Balakrishnan. .

Baca: Singapura Kirim Tambahan Pasokan Medis untuk Dukung Perjuangan Indonesia Lawan COVID-19

“Jadi sekarang, pada saat mereka membutuhkan, kita bersatu mendukung mereka. Saling mendukung semacam ini menunjukkan kekuatan hubungan kita – tidak hanya dari pemerintah ke pemerintah, tetapi juga dengan rakyat – posisi rakyat. ”

Barang dikirim ke Indonesia (4)

Paket bantuan Singapura dimuat ke pesawat C-130 Angkatan Udara Singapura. (Foto: Kementerian Pertahanan, Singapura)

“Ini wujud fisik dari kuatnya hubungan dan solidaritas kita dengan rakyat Indonesia,” tambah Menkeu.

Dr Balakrishnan mengatakan Angkatan Bersenjata Singapura dan Pasukan Keamanan Nasional Indonesia (DNI) bekerja sama, menambahkan bahwa operasi itu tidak akan mungkin terjadi tanpa keterlibatan langsung kedua pasukan.

“Bantuan tambahan” akan diberikan oleh Angkatan Laut Singapura.

Tandai tautan permanen: Informasi terperinci kami tentang epidemi Govit-19 dan perkembangannya

Unduh Tamil Aplikasi kami Atau berlangganan saluran Telegram kami untuk pembaruan terbaru tentang wabah virus Corona: https://cna.asia/telegram

READ  Jalaluddin Rakmat Takfris difitnah: Profesor Indonesia