April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Sekjen MUI Keluarkan Lima Pesan Ramadhan untuk Memperkuat Umat Islam Indonesia

Sekjen MUI Keluarkan Lima Pesan Ramadhan untuk Memperkuat Umat Islam Indonesia

Menjelang Ramadhan, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsya Tambangan telah mengeluarkan lima pesan kunci kepada umat Islam di seluruh Indonesia, menekankan pentingnya bulan suci untuk kesalehan pribadi dan sosial. Dalam keterangannya yang dikeluarkan di Jakarta, Amirsya menguraikan praktik-praktik yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap memaafkan, bersyukur, ibadah yang ikhlas, kesehatan dan pendidikan di kalangan umat beriman.

Merangkul pengampunan dan rasa syukur

Pesan pertama Amirsya menyerukan agar umat Islam menyambut Ramadhan dengan saling memaafkan, memohon ampun kepada Allah saat memasuki masa suci ini. Ia juga menekankan pentingnya salat saat melihat hilal Ramadhan yang menandai awal bulan puasa sekaligus sebagai waktu bersyukur dan berdoa agar perjalanan puasa lancar.

Sucikan niat dan persiapan jasmani

Nasehat Sekjen MUI ini menekankan perlunya mensucikan niat dan beribadah dengan ikhlas dan demi Allah sebelum dimulainya Ramadhan. Beliau juga menyoroti pentingnya mempersiapkan mental dan fisik untuk berpuasa, menganjurkan pola makan yang halal dan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup untuk memastikan ibadah yang bermakna.

Pengetahuan mendalam tentang kesalehan sosial

Pesan kelima berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan selama Ramadhan, memandang bulan ini sebagai peluang untuk pertumbuhan akademik, yang mengarah pada kesalehan pribadi dan sosial. Amirsya mengidentifikasi periode ini sebagai peluang untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan, dengan fokus khusus pada peningkatan keadilan dan keadilan dalam masyarakat.

Menjelang Ramadhan, pesan-pesan Sekjen MUI ini menjadi panduan bagi umat Islam Indonesia untuk berefleksi, berbenah, dan berkontribusi positif kepada masyarakat selama bulan suci Ramadhan. Penekanan pada pengampunan, persiapan, dan pencarian ilmu tidak hanya meningkatkan pengalaman spiritual Ramadhan, namun juga menjawab tantangan sosial yang lebih luas dan mewujudkan semangat sejati bulan Ramadhan.

READ  Wawancara dengan Pinter Politik tentang Sharp Power China di Indonesia dan Tempat Lain