Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di sektor kesehatan: Menteri Kesehatan Indonesia

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di sektor kesehatan: Menteri Kesehatan Indonesia

JAKARTA (Antara) – Perubahan signifikan di sektor kesehatan pascapandemi Covid-19 saat ini menciptakan momentum yang menjanjikan bagi investasi di sektor tersebut, kata Menteri Kesehatan RI Budi Kunadi Sadikin.

Situasi ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk berinvestasi (di sektor ini) dan memperoleh manfaat yang besar,” ujarnya, Minggu, pada Hari ke-2 ASEAN Investment Forum di Jakarta.

Forum tersebut merupakan side event KTT ASEAN ke-43 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 5 September hingga 7 September. Ini merupakan KTT kedua yang diselenggarakan di bawah kepemimpinan Indonesia di blok regional pada tahun ini.

Pada KTT ke-42 yang diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Mei 2023, para pemimpin ASEAN menyepakati beberapa dokumen, termasuk Deklarasi Pemimpin ASEAN tentang Inisiatif Kesehatan.

Mengenai kondisi sektor kesehatan saat ini, Menteri Sadiqin menyoroti ketidakpastian global dan mengatakan bahwa sektor ini dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi para pelaku terkait.

Dia merujuk pada James Dalton, seorang ilmuwan Inggris yang menemukan atom, partikel terkecil dari suatu zat fisik, pada awal tahun 1800-an.

Menurut Menkeu, penemuan atom berperan penting dalam mendorong revolusi industri, karena partikel pada akhirnya mendorong umat manusia untuk mengembangkan energi nuklir.

Mengutip penemuan dan penggunaan platform vaksin mRNA oleh Moderna dan Pfizer untuk mengembangkan vaksin Covid-19, antibodi monoklonal, dan alat untuk mengobati kanker, menteri mencatat bahwa revolusi industri juga berdampak pada sektor kesehatan.

“Contoh-contoh ini membuktikan bahwa revolusi industri sudah mulai berdampak pada sektor kesehatan. Penemuan partikel yang sangat kecil akan membuka peluang besar bagi Anda para investor untuk ikut serta dalam bisnis (kesehatan) ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Menteri Sadiq menyampaikan harapannya agar dalam beberapa dekade mendatang, investor di sektor kesehatan dapat memperoleh manfaat yang diharapkan, mengingat setiap manusia di bumi memprioritaskan investasi dan pengeluaran di sektor kesehatan.

READ  Sektor perbankan Indonesia meningkat dalam riak konservatif agama di SE Asia News & Top Stories

“Mengingat hal tersebut, saya merekomendasikan investasi di sektor kesehatan karena memberikan peluang yang lebih baik,” ujarnya kepada para pelaku usaha dalam forum tersebut.

Berita terkait: Para menteri kesehatan ASEAN membahas mitigasi pandemi di masa depan
Berita Terkait: Para Menteri ASEAN Membahas Penguatan Kerangka Kesehatan Regional

Diterjemahkan oleh: Kundum K, Tegar Noorbitra
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023