Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia: Inflasi semakin moderat di bulan Maret |  patah

Indonesia: Inflasi semakin moderat di bulan Maret | patah

5,0%

Perubahan CBI dari tahun ke tahun

Inflasi Maret akan turun lebih jauh menjadi 5%

Inflasi Indonesia turun ke level terendah dalam tujuh bulan di bulan Maret. Dengan ini, rata-rata inflasi akan menjadi 5,0% year-on-year. Inflasi makanan meningkat tetapi menurun menjadi 6% dari 7,2% di bulan sebelumnya, meskipun biaya transportasi naik menjadi 13,7% dari 13,6% di bulan Februari. Semua sub-sektor kecuali transportasi telah mencatat inflasi yang lebih lambat, dan inflasi kemungkinan akan moderat dalam beberapa bulan mendatang.

Pemotongan produksi baru-baru ini dari produsen minyak dapat mendorong harga energi global, dan kami akan mengawasi untuk melihat apakah ini akan menyebabkan tekanan harga domestik di masa mendatang.

Tekanan harga tampaknya mereda

Sumber: Kantor Pusat Statistik

Akankah bank sentral mempertimbangkan perubahan sikap?

Bank Indonesia (BI) mengakhiri siklus pengetatan terakhirnya pada kuartal pertama, mengutip tekanan harga yang moderat untuk keputusannya untuk berhenti. Sejak itu, baik headline maupun inflasi inti telah mereda, memberikan bank sentral ruang yang cukup untuk menahan kekhawatiran tentang penerapan sikap yang relatif dovish.

Potensi penurunan suku bunga oleh bank sentral pada akhirnya dapat dilihat sebagai tren inflasi yang menunjukkan penurunan, tetapi mata uang harus lebih stabil dan laju pertumbuhan akan melambat secara signifikan. Rupiah baru-baru ini turun di bawah 15.000, dan jika mata uang tersebut dapat mempertahankan stabilitas ini, BI dapat mempertimbangkan sebuah pusat jika Federal Reserve mengakhiri siklus pengetatan kebijakannya sendiri dalam beberapa bulan mendatang.