Maret 21, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Satuan Tugas Baru untuk Melindungi Kesejahteraan Pekerja Musiman | Artikel

Menyusul dugaan eksploitasi pekerja musiman Indonesia musim lalu, sebuah komite telah dibentuk untuk membuat perekrutan dan praktik ketenagakerjaan lebih bertanggung jawab di masa depan.

Gugus tugas di seluruh industri telah dibentuk untuk melindungi hak-hak pekerja yang dipekerjakan di bawah Skema Pekerja Musiman.

Kelompok tersebut – yang meliputi organisasi perdagangan, pengecer, petani, perekrut, dan organisasi nirlaba – berupaya mempromosikan perekrutan dan pekerjaan pekerja migran yang bertanggung jawab di pertanian Inggris dan bekerja dengan departemen pemerintah dalam penerapan skema tersebut.

Andrew Opie, direktur pangan dan keberlanjutan di British Retail Federation, berkata: “Pekerja musiman merupakan bagian integral dari rantai pasokan dan hanya dapat dicapai dengan bekerja sama dengan petani, operator skema, penegak hukum, masyarakat sipil, dan pemerintah. Kami adalah memperkuat dan meningkatkan skema untuk pekerja masa depan.

Kekhawatiran telah dikemukakan di musim-musim sebelumnya tentang risiko eksploitasi yang dihadapi oleh beberapa pekerja migran dengan visa pekerja musiman selama perekrutan dan pekerjaan mereka.

Pada bulan Februari tahun ini, agen perekrutan AG Recruitment kehilangan lisensi operator skema pekerja musiman setelah membawa pemetik Indonesia ke Inggris yang berutang ribuan pound kepada broker asing.

Wali Ketika broker tanpa izin ini tiba di Inggris tahun lalu, terungkap bahwa beberapa berutang hingga £5.000 meski hanya bekerja selama satu musim. Jaksa Agung membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dia tidak mengetahui pemerasan oleh broker Indonesia.

Lebih dari 200 pekerja Indonesia telah mencari bantuan dari kedutaan negara tahun lalu setelah menghadapi kesulitan bekerja di peternakan Inggris. Berdasarkan Wali, banyak dari pekerja ini datang di akhir musim dan tidak memiliki cukup pekerjaan untuk membayar kembali pinjaman mereka. Beberapa mengeluh bahwa mereka menerima berjam-jam gagal memenuhi target ujian yang menantang.

READ  Gempa bumi / letusan gunung berapi berkekuatan 4,3 di dekat Ternate, Maluku Utara, Indonesia

Menanggapi pengungkapan tersebut, beberapa pertemuan meja bundar pemangku kepentingan diadakan pada musim gugur 2022, yang bertujuan untuk mengembangkan solusi praktis untuk menanggapi risiko tersebut.

Akibatnya, beberapa kelompok kerja dibentuk dan serangkaian proyek didanai oleh supermarket Inggris dengan masukan dari industri.

Ini termasuk peta jalan regional dan perangkat untuk praktik yang baik, penilaian umum terhadap operator proyek, dan aplikasi informasi staf multibahasa yang didanai oleh operator proyek.

Ke depan, gugus tugas akan fokus pada peningkatan program tenaga kerja musiman dalam formatnya saat ini.

Alur kerja meliputi: meningkatkan akses pekerja ke informasi dan komunikasi; Memantau dan meningkatkan rekrutmen dan praktik di lahan pertanian; dan mengatasi biaya perekrutan yang dibayarkan oleh pekerja dan meningkatkan pendapatan mereka secara keseluruhan.

Satuan tugas akan terlibat dengan departemen pemerintah dan lembaga penegak hukum tentang kemungkinan perubahan dalam aturan skema, regulasi, pengawasan dan penegakan hukum.

Kelompok kerja saat ini terdiri dari lebih dari 50 organisasi, termasuk pengecer, petani, operator proyek, asosiasi perdagangan dan keanggotaan, organisasi komunitas pekerja migran dan organisasi nirlaba.

Kegiatan grup akan dikoordinasikan oleh organisasi nirlaba Stronger Together dan diatur oleh komite tata kelola multi-stakeholder yang mewakili anggota.