Juni 17, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia promosikan industri hilir, Nusantara di China

Indonesia promosikan industri hilir, Nusantara di China

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Investasi RI dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengangkat peluang investasi di industri hilir Indonesia dan ibu kota baru Nusantara, dalam forum di Shanghai, China, Rabu.

Pada forum ‘Modal Baru dan Peluang Investasi di Industri Hilir’, Lahadalia menyoroti potensi Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi terkemuka di Asia Tenggara.

“Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia memiliki investasi asing langsung (FDI) tertinggi di sektor industri. Hingga saat ini, investasi dari Tiongkok terus tumbuh selama tiga tahun berturut-turut, terutama di sektor hilir,” tegasnya.

Lahadalia juga menegaskan fokus Indonesia mengembangkan Nusantara dengan menarik lebih banyak investasi.

“Kami juga memprioritaskan pengembangan Nusantara dan terbuka untuk investasi. Kalau ada yang berminat berinvestasi di sana, saya akan bantu semuanya,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kebutuhan investasi Indonesia untuk pengembangan infrastruktur, properti, dan energi terbarukan di Nusantara diperkirakan mencapai US$32 miliar.

Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia Jouhari Oratmangun menyampaikan dukungan kuatnya terhadap forum tersebut.

Ia berharap forum ini bisa secara efektif menampilkan kekayaan dan potensi besar Indonesia kepada negara lain, khususnya Tiongkok.

Hubungan kedua negara terus menguat, tahun ini Presiden Joko Widodo sudah dua kali mengunjungi Tiongkok, tambahnya.

Duta Besar mencatat bahwa hal ini akan mengarah pada komunikasi yang lebih erat antara Indonesia dan Tiongkok.

“Melalui acara ini kita bisa menggali potensi-potensi yang ada di Indonesia, khususnya di bidang industri hilir dan investasi di Nusantara,” tutupnya.

Berita terkait: Presiden mendesak pembangunan Nusantara untuk mengatasi kesenjangan ekonomi
Berita terkait: Babanas Tekankan Urgensi Ketahanan Pangan di IKN Nusantara

Diterjemahkan oleh: Ade J, Kenzu
Pengarang: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2023

READ  Solusi BullionProtect SICPA untuk melindungi emas batangan perusahaan Indonesia