April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Penambang tembaga Indonesia Amman bertujuan untuk mengumpulkan $880 juta dalam IPO

Penambang tembaga Indonesia Amman bertujuan untuk mengumpulkan $880 juta dalam IPO

  • IPO akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara tahun ini
  • Untuk melunasi sebagian hutang, mendanai banyak proyek
  • Peluncuran pasar direncanakan pada 5 Juli

JAKARTA, 31 Mei (Reuters) – Penambang tembaga Indonesia Amman Mineral International bertujuan untuk mengumpulkan hingga 12,94 triliun rupiah ($880,6 juta) dalam listing yang direncanakan dari 28 Juni hingga 3 Juli.

Menurut data Refinitiv, pencatatan tersebut akan menjadi penawaran umum perdana (IPO) terbesar di Asia Tenggara tahun ini, melampaui produsen nikel Indonesia Trimega Bangun Persada, yang dikenal sebagai Harita Nikel, yang mengumpulkan 10 triliun rupiah pada bulan April.

Pasar IPO Indonesia menjadi salah satu yang terpanas di dunia tahun ini. Menurut data Refinitiv, penjualan saham pertama kali mengumpulkan $1,58 miliar hingga April, kedua setelah China di kawasan Asia-Pasifik tidak termasuk Jepang dan di belakang pembangkit tenaga listrik tradisional Hong Kong.

Pengumuman IPO Amman Minerals datang sehari setelah perusahaan agribisnis pangan Olam Group (OLAG.SI) mengatakan mereka tidak memperkirakan pencatatan ganda unit pertaniannya Olam Agri di Singapura dan Arab Saudi akan ditutup pada semester pertama. tahun ini seperti yang direncanakan semula, dengan alasan kegagalan untuk mendapatkan “semua persetujuan peraturan yang diperlukan”.

Pembuatan buku prospektus Amman Mineral akan dimulai pada hari Rabu, dengan harga penawaran Rs 1.650 hingga Rs 1.775 per saham.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta tersebut dalam prospektusnya menyebutkan akan menggunakan dana hasil IPO untuk membayar sebagian utang dan membiayai sejumlah proyek, termasuk penyelesaian smelter tembaga yang dibangunnya di Pulau Sumbawa.

Pabrik peleburan, yang memiliki kapasitas masukan 900.000 ton konsentrat tembaga untuk menghasilkan 220.000 ton katoda tembaga setiap tahun, akan membebani perusahaan sebesar $983 juta, menurut data perusahaan dan pemerintah.

READ  Noyne, penduduk asli Boko, menghadapi Weryu dari Indonesia dalam pertandingan tinju yang seru.

Pemerintah Indonesia pada bulan April membebaskan Amman dari rencana larangan ekspor mineral mentah hingga Mei 2024 untuk memberi perusahaan pendapatan guna menyelesaikan proyek peleburan setengah jadi pada bulan Januari.

Amman Mineral, bagian dari grup energi Indonesia Medco Energy International ( MEDC.JK ), mengoperasikan tambang Batu Hijaw di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Amman Mineral International mengakuisisi tambang Batu Hijau pada tahun 2016 dari penambang AS Newmont Mining Corp dan Sumitomo Corp Jepang serta mitranya.

Debut pasar Amman Mineral yang kuat pada 5 Juli dapat meningkatkan sentimen untuk IPO mendatang di Indonesia tahun ini.

Mereka termasuk unit hulu Pertamina Pertamina Hulu Energy, yang dapat mengumpulkan setidaknya 20 triliun rupiah, dan perusahaan pupuk milik negara Pupuk Kalimantan Timur ( PUPUK.UL ), yang dapat mengumpulkan $500 juta.

($1 = 14.695,0000 rupiah)

Dilaporkan oleh Francisca Nangoi, Bernadette Cristina dan Ananda Theresia di Jakarta dan Yandoltra Nui di Singapura; Diedit oleh Tom Hoke, Kanupriya Kapoor

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.