Juni 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemilu 2024: Hasil Indonesia |  Perusahaan Loewy

Pemilu 2024: Hasil Indonesia | Perusahaan Loewy

Mata banyak orang di seluruh dunia akan tertuju pada Indonesia minggu ini ketika kampanye presiden mencapai puncaknya Pemungutan suara terakhir pada 14 Februari. Jika salah satu dari tiga calon jelas menang, tidak perlu dilakukan pemilihan ulang. Namun pertanyaan yang masih melekat di kalangan internasional baru-baru ini muncul di Washington ketika mantan duta besar AS untuk Indonesia mencoba menyelidiki topik sensitif tersebut.

“Bagi kebanyakan orang Amerika,” sehari setelah pemilu, pertanyaan yang muncul di benak mereka adalah, ‘Apakah pemilu di Indonesia adil dan bebas?’

Joseph Donovan adalah Duta Besar AS untuk Indonesia dari tahun 2016 hingga 2020, yang memantau dengan cermat rezim Joko “Jokowi” Widodo dan jalan Indonesia menuju demokrasi. Ia mengajukan pertanyaannya di forum Masyarakat Indonesia Amerika Serikat (USINDO) di ibu kota AS bulan lalu, di mana perwakilan dari tiga tim kampanye presiden Indonesia yang berkunjung, masing-masing berbicara pada hari yang berbeda, menjawab pertanyaan langsung dari pejabat pertahanan dan Departemen Luar Negeri serta ekonom. Pemimpin agama, eksekutif bisnis dan pendidik.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berebut tiket masuk Hasyim Jojohadikusumo, muncul online dari kantornya di Jakarta. Tim kampanye Prabowo-Kibran dituding mendapat dukungan dari lembaga negara dan presiden, mengklaim dukungan untuk Prabowo, calon presiden tiga kali dan menteri pertahanan saat ini, serta Gibran, salah satu putra Jokowi. Hashim adalah seorang pengusaha dan dermawan terkemuka, serta adik laki-laki Prabowo dan orang kepercayaan kampanye.

“Jadi, saya tidak mengetahui adanya masalah yang sangat besar saat ini,” ujarnya ketika ditanya tentang pemilu yang bebas dan adil. “Tentu saja ada beberapa calon yang mengeluhkan hal ini, mereka mengeluhkan hal itu. Ada juga keluhan yang dimiliki Prabowo. Itu adalah masalah demokrasi yang wajar.

READ  Penggemar Bulutangkis Indonesia Menyesatkan Aktor Lombast Stephen Fry »Borneo Bulletin Online

Namun, kekhawatirannya lebih dari sekedar keluhan kecil. Keluhan berkisar dari keputusan Mahkamah Konstitusi, yang dipimpin oleh saudara ipar Jokowi, yang membatalkan undang-undang pemilu yang memungkinkan Gibran Prabowo mencalonkan diri sebagai pasangannya meskipun tidak memenuhi batas usia sebelumnya, hingga pemberian bantuan sosial yang tepat waktu kepada Jokowi. seiring dengan masa kampanye. Hal ini membuat beberapa analis khawatir.”Demokrasi elektoral di Indonesia menunjukkan tanda-tanda melemah”.

Para pekerja memuat kotak suara yang berisi surat suara ke dalam truk untuk didistribusikan ke kecamatan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Surabaya, Jawa (Junie Griswando/AFP via Getty Images)

Pertanyaan yang sama juga ditanyakan Tom Lembang, mewakili tim kampanye mantan Gubernur Jakarta Anis Rasid Baswedan dan pasangannya Abdul Muhaimin Iskandar. Lembang hadir langsung di Washington dan merupakan lulusan Harvard yang memegang portofolio perdagangan dan investasi di bawah kepemimpinan Jokowi. Tim kampanye Anies-Muhaimin berulang kali menyerukan netralitas pemerintah daerah dan presiden.

“Bukan rahasia lagi kalau tim kampanye Menteri (Pertahanan) Prabowo dan Gibran mengeksploitasi semaksimal mungkin lembaga negara untuk kampanyenya. Bahkan hal yang memalukan untuk diucapkan di Jakarta sudah bukan hal yang memalukan lagi. Itu diterima begitu saja,” kata Lembang.

Mungkin tidak mengejutkan jika Lembong melihat adanya peluang untuk berkampanye pada putaran kedua meskipun Prabowo memimpin dalam pemilu.

Rangkaian ini memungkinkan penanya untuk mengajukan pertanyaan panjang lebar dan perwakilan dapat menjawab tanpa interupsi dari moderator.

Bicara tiket ketiga adalah Kanjar Branovo dan Mahfud Mohammad Antica Percasa, Wakil Presiden Komite Kampanye. Ia merupakan jenderal bintang empat, panglima angkatan bersenjata terakhir di bawah pemerintahan Jokowi, dan menyandang gelar doktor dari George Washington University. Ketika ditanya apa perbedaan Kanchar dengan kedua rivalnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjawab bahwa dia bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah. Dia menunjuk perbedaan dalam penekanan kebijakan luar negeri Jokowi, khususnya yang berkaitan dengan Tiongkok, di mana Kanjar mengatakan dia akan melanjutkan pengeboran minyak lepas pantai di utara gugusan pulau Naduna, sebuah operasi yang dihentikan Jokowi karena keluhan Beijing.

READ  Sibol menyiapkan pertandingan ulang melawan Indonesia di grand final MLBB IESF - Manila Bulletin

Para kandidat sendiri berbicara tentang isu-isu kebijakan luar negeri dalam debat formal, namun batas waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan di acara yang disiarkan televisi tidak cukup untuk isu-isu yang sedang memanas. Seri USINDO memperbolehkan penanya untuk ditanyai panjang lebar dan perwakilannya menjawab tanpa interupsi dari moderator.

Misalnya, Lembang ditanyai gagasan apa yang dimiliki Anies untuk memitigasi kerusakan yang disebabkan oleh perubahan iklim, dan menjelaskan bahwa kandidat tersebut percaya bahwa risiko dalam mempromosikan energi terbarukan adalah beban yang terlalu berat untuk ditanggung oleh sektor swasta. Dia mengatakan Anies ingin menciptakan mekanisme transparan untuk menanggung sebagian risiko penelitian.

Seorang pemuka agama menanyakan sikap Anis yang ingin melindungi kebebasan beragama minoritas. Selama lima tahun Anies menjabat, Lembong mengatakan Jakarta telah membangun lebih banyak gereja dibandingkan gabungan empat gubernur sebelumnya. Dia adalah gubernur pertama yang membangun krematorium untuk komunitas Hindu. Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, kata Lembang, warga Jakarta bisa bergembira karena lima tahun telah berlalu tanpa adanya penggerebekan di bar dan tempat hiburan malam oleh kelompok sayap kanan atau radikal. Namun, terutama sebagai gubernur, Anis telah melibatkan kelompok-kelompok Islam garis keras, dan asosiasi tersebut telah menghentikan mereka menyerang bar-bar dan tempat-tempat serupa menjelang bulan puasa Ramadhan.

Hashim ditanyai tentang rencana Prabowo untuk KPK dan independensinya, dua hambatan terbesar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia: sumber daya manusia dan tata kelola serta Komisi Pemberantasan Korupsi. Lebih lanjut beliau ditanya bagaimana meningkatkan kualitas peradilan yang penting untuk penyelesaian sengketa, khususnya sengketa investor.

Hashim mengatakan, Prabowo berencana memperkuat KPK dan independensinya dengan menambah “ratusan penyidik”. Di bidang peradilan, Prabowo akan menaikkan gaji hakim, pengacara, serta polisi dan militer.

READ  Pakar pariwisata membahas destinasi yang belum dimanfaatkan di Indonesia

Seorang pejabat pertahanan bertanya tentang Laut Cina Selatan dan “perilaku persuasif” Prabowo. Hal ini membuat Hashim menguraikan janji Prabowo untuk meningkatkan anggaran pertahanan Indonesia dari 0,8 persen PDB, terendah di antara anggota G20, menjadi 1,5-2% PDB. tahun. Ini bukan untuk memprediksi kembang api. Hashim mengatakan Indonesia harus “mencapai penyelesaian damai dengan mereka” mengenai klaim sembilan garis putus-putus Tiongkok atas beberapa ribu kilometer persegi zona ekonomi Indonesia.

“Saya tidak bisa bilang seperti apa nanti. Tapi kami ingin bernegosiasi. Kami ingin menghindari konfrontasi,” ujarnya tentang pemikiran Prabowo.

Pada hari Rabu, Indonesia memutuskan.