Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia akan ditetapkan sebagai pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2024

Indonesia akan ditetapkan sebagai pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2024

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia akan mendeklarasikan diri sebagai pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2024 seiring dengan upaya berkelanjutan untuk memasarkan produk halal Indonesia secara global, kata Kementerian Perdagangan.

“Sesuai perintah Wapres dan Presiden, Departemen Fesyen Muslim kita akan mengumumkannya tahun depan. Tahun depan pasti akan kami umumkan sebagai casual fashion hub dunia,” kata Didi Sumedhi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Laporan tersebut dirilis saat peluncuran Kinerja Ekspor Produk Halal Indonesia di Jakarta, Selasa.

Seiring persiapan Indonesia menyambut deklarasi tersebut, Kementerian Perdagangan bersama Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) giat mempromosikan fesyen Indonesia di kancah internasional.

Busana sederhana merupakan gaya yang lebih menekankan pada penutup tubuh dan tidak terlalu menonjolkan lekuk tubuh. Konsep fashion sederhana populer karena dapat memadukan nilai-nilai agama dan fashion.

“Kami bersama BI dan Kemenkop UKM terus mempromosikan fesyen muslim di pasar global,” kata Sumedi.

Sumedi menuturkan, upaya promosi tersebut salah satunya dengan mendorong industri fesyen dalam negeri untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai event pekan mode populer seperti New York Fashion Week, Paris Fashion Week, London Fashion Week, dan Jakarta Muslim Fashion Week.

Berita terkait: Indonesia akan menjadi hub fashion muslim

Ia menegaskan, Indonesia berupaya menguasai pasar global dengan fokus pada pasar-pasar utama untuk mendukung kehadiran fesyen muslim Indonesia di dunia internasional.

“Kami akan memposisikan busana muslim dan muslimah kami di pasar internasional seiring dengan kehadirannya di platform pekan mode global yang populer,” kata Sumethi.

Katanya, inilah satu-satunya faktor pembeda antara fesyen sederhana dan fesyen muslim jilbab. Mode tanpa a jilbab Dianggap beradab secara sederhana jilbabIni dianggap sebagai busana muslim.

READ  Akankah Pilkada 2024 memperkuat atau melemahkan demokrasi Indonesia?

Senada dengan itu, Arief Hartawan, Kepala Departemen Keuangan dan Ekonomi Syariah BI, menyatakan kesediaannya untuk mendukung visi Indonesia menjadi pusat fesyen sederhana dunia.

Dengan kekayaan desainer Indonesia dan kain tradisional Indonesia, Indonesia mampu bersaing di kancah fashion global, kata Hardawan.

“Desainer, bahan, dan kain tradisional Indonesia kita luar biasa dari Sabang sampai Merak. Biarlah Menenun Atau menyanyi Kain bisa berubah secara signifikan,” katanya.

Hardawan berharap Indonesia Modest Fashion Week pada akhirnya bisa mendapat pengakuan di kalender mode global dalam upaya memberikan dampak positif bagi dunia mode internasional.

BERITA TERKAIT: Kemenperin Fokus Menjadikan Indonesia Global Muslim Fashion Hub

Berita terkait: Indonesia menjadi hub halal terbaik dunia: Amin