Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemerintah Enugu, Indonesia akan memperdalam hubungan investasi – Duta Besar

Pemerintah Enugu, Indonesia akan memperdalam hubungan investasi – Duta Besar

Duta Besar Indonesia untuk Nigeria Dr. Uzra Harahab menyatakan minatnya untuk memperdalam hubungan dengan Pemerintah Negara Bagian Enugu di bidang perdagangan, investasi, dan ruang sosial-ekonomi lainnya yang akan menghasilkan keuntungan bersama bagi kedua entitas.

Hal itu diungkapkan Usra pada Senin saat dirinya mengantarkan delegasi senior Republik Indonesia kepada Gubernur Peter Mba dalam kunjungan bisnis dan misi ke negara.

Ia menjajaki bidang-bidang menarik yang dapat mengarah pada kemitraan produktif antara Negara Bagian Enugu dan Indonesia.

Duta Besar mencatat bahwa pertukaran investasi dan kontak yang sering terjadi di negara tersebut tidak hanya akan memperkuat hubungan bilateral tetapi juga menciptakan lebih banyak peluang untuk pengembangan bersama dan peluang untuk investasi lebih lanjut di masa depan.

“Potensi kerja sama antara Indonesia dan Negara Bagian Enugu sangat luas di berbagai bidang. Pertama, di bidang perdagangan dan investasi, kami melihat peluang besar untuk pertumbuhan di masa depan. Negara kita dapat memperoleh manfaat dari peningkatan perdagangan, pertukaran pengetahuan dan upaya investasi bersama.

“Kami sedang melihat bagaimana bisnis kami dapat berkembang lebih jauh. Sehubungan dengan itu, saya menyampaikan undangan kepada Gubernur Peter Mba dan dunia usaha Enugu untuk berpartisipasi dalam pameran dagang tanggal 18-22 Oktober 2023 di Kota Indonesia.

“Pameran ini akan memberi Anda platform unik untuk bertemu dengan para pebisnis Indonesia dan menampilkan layanan dan peluang bisnis yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Menyatakan kesediaan Indonesia untuk berinvestasi di sektor energi dan pertambangan, Usra mengatakan Enugu kaya akan sumber daya mineral, pertanian dan pariwisata, yang akan menjadi sumber pendapatan tambahan, dan menambahkan bahwa “nilai perdagangan antara Indonesia dan Nigeria adalah sekitar $4,5 miliar, dimana total impornya adalah $4,3 miliar dan ekspornya hanya $5 juta.

READ  Paralimpiade Tokyo: Shutler Tarun Dillon kalah dari peraih medali perunggu Chettiavan dari Indonesia | Olimpiade

“Indonesia mempunyai banyak kepentingan untuk memperluas kerja sama di bidang energi, pertanian, kesehatan, dan ekonomi kreatif. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia telah mencari peluang investasi di Afrika. Saat ini, pemerintah Indonesia telah mendirikan 35 perusahaan senilai $5 miliar di Afrika. bidang investasinya adalah pertambangan, makanan dan minuman, minyak dan gas, farmasi, konstruksi, tekstil, pertanian.

“Kami menyadari potensi sektor pertanian di wilayah Anda dan kami menantikan kerja sama antara Negara Bagian Enugu dan dunia usaha Indonesia di berbagai bidang seperti pengolahan makanan, mesin pertanian, dan irigasi. Keahlian Indonesia akan sangat membantu meningkatkan produksi pertanian dan menjamin ketahanan pangan di wilayah Anda. negara,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia sedang mengembangkan program melalui program beasiswa untuk bekerja sama dengan negara di bidang pendidikan.

Gubernur Negara Bagian Dr. Mbah memuji duta besar dan timnya karena memilih kepentingan ekonomi khusus di negara ini, dengan mengatakan bahwa pemerintahannya tidak hanya siap bermitra dengan investor Indonesia namun juga menyediakan lingkungan yang ramah di negara tersebut.

Gubernur mengatakan bahwa negara bagian memiliki peluang investasi di berbagai bagian negara bagian termasuk zona produktivitas khusus sektor batubara dan minyak dan gas, sektor mineral dan energi.

Mbah menyarankan utusan tersebut untuk melihat Enugu sebagai negara bagian terbaik untuk berinvestasi karena pemerintahannya telah menerapkan mekanisme yang akan memfasilitasi aliran investasi dan kemudahan melakukan bisnis.

“Negara Bagian Enugu diberkati dengan mineral seperti batu kapur, gipsum, bijih tanah liat, pasir kaca, dan simpanan batu bara terbersih di dunia,” katanya.

Dia menegaskan kembali tekad pemerintah untuk menjadikan negara bagian ini sebagai tujuan investasi, meningkatkan PDB dari $4,4 miliar saat ini menjadi $30 miliar, memberantas kemiskinan dan menjadi pusat pariwisata melalui kebijakan yang telah diterapkan.

READ  TransNusa Indonesia akan memperluas operasi internasionalnya pada awal 2Q23

Gubernur, sembari mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinannya, Negara Bagian Enugu telah dinyatakan sebagai salah satu negara bagian teraman untuk berbisnis dalam hal keamanan, meminta investor untuk memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah untuk berinvestasi di bidang pertanian dan industrialisasi berbasis agro. .

Ia mengatakan, lahan seluas 300.000 hektare telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus untuk industri pengolahan berbasis agro dan peluang investasi lainnya.