Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Lima Destinasi Wisata di Indonesia yang Promosikan Kesehatan Paru-paru

Di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, kualitas udara menjadi tidak menyenangkan, mengganggu kehidupan masyarakat.

Bahkan, pada Juni 2022, Jakarta dinobatkan sebagai kawasan dengan kualitas udara terburuk pertama di dunia. Sementara itu, kualitas udara yang baik sangat penting, terutama untuk anak-anak dan orang tua.

Saat ini, ketika orang mempertimbangkan untuk bepergian, mereka memikirkan kualitas udara dari tujuan liburan mereka. Destinasi wisata seharusnya tidak hanya indah dan Instagramable, tetapi juga memiliki udara yang sejuk dan tidak tercemar.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke destinasi wisata dengan kualitas udara yang sangat bagus, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Indonesia.

Ada lima destinasi wisata di Indonesia dengan kualitas udara yang baik.

Pulau Weh
Pulau Weh

Berdasarkan data yang terkumpul, Kota Sabang di Provinsi Aceh memiliki kualitas udara yang baik. Indeks kualitas udara tempat ini juga terus berada pada level aman setiap tahunnya. Sabang merupakan kota kecil dengan luas 122,1 kilometer persegi.

Salah satu tempat wisata di Sabang adalah Pulau Weh. Di pulau ini, wisatawan dapat snorkeling dan menyelam, karena keindahan biota laut di sini adalah salah satu yang paling menakjubkan di Indonesia.

Gili_labak
Gili_labak

Pulau Gili

Pulau Gili ini terletak di Kabupaten Sumenep Jawa Timur dan jangan disamakan dengan Kilis yang terkenal di sebelah Lombok. Namun, Pulau Gili memiliki kualitas udara yang baik dan tempat wisata yang indah. Banyaknya gua di sepanjang pantai membuat pulau ini semakin menarik.

Di sini tingkat polusi atau karbon dioksida berkurang 26,5 persen dan tingkat kebisingan hanya 36,5 desibel. Pulau Gili dikenal sebagai destinasi wisata kesehatan karena memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania, yaitu 21,5 persen. Menariknya, banyak dari penduduk pulau itu berusia di atas 80 tahun.

READ  Pelaut Indonesia yang jangkar di perairan Wong Tao dinyatakan positif virus corona
Punaken, lima Bali baru di Indonesia: Kementerian siap meningkatkan infrastruktur
Taman Nasional Punagan

Taman Nasional Punaken di Sulawesi Utara patut masuk dalam daftar destinasi wisata dengan kualitas udara yang baik, bukan hanya karena pantainya yang indah, tetapi juga karena udara di Bunaken yang sejuk dan bersih, namun belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Tempat wisata ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan hijau yang lebat, sehingga oksigen dari pepohonan membuat kawasan Taman Nasional Punaken tetap terjaga. Jika tujuan Anda adalah menghirup udara segar sambil menyaksikan pemandangan indah, Taman Nasional Punagan adalah tempatnya.

Kepulauan Terawan
Kepulauan Terawan
Kepulauan Terawan

Di Kepulauan Terawan, Anda dapat melihat keanekaragaman biota laut termasuk lumba-lumba, kawanan penyu, terumbu karang yang indah, dan ubur-ubur. Paru-paru Anda pasti akan sangat rileks saat menghirup udara di Maladewa Indonesia.

Pantai Lovina
Pantai Lovina
Pantai Lovina

Lokasi Pantai Lovina yang jauh dari pusat kota, dengan semilir anginnya yang sejuk membuat tempat ini mempesona. Pantai Lovina terletak di Kabupaten Pule Leng, Bali dan masih dikenal sebagai salah satu pantai yang paling belum terjamah.

Pantai Lovina merupakan habitat asli lumba-lumba dan dapat dilihat dari pantai berpasir hitam ini.