Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Para ilmuwan mengatakan lukisan gua tertua di dunia telah ditemukan di Indonesia

Di antara ratusan gua yang tersembunyi di batu kapur Pulau Sulawesi, Indonesia, sebuah karya seni yang terpampang di dinding batu mungkin merupakan gua yang paling signifikan secara global. Menggambarkan tiga sosok manusia dan seekor babi, lukisan itu adalah pemandangan buatan manusia tertua, setidaknya berusia 51.200 tahun, kata para ilmuwan.

Ini adalah bukti bahwa orang-orang di masa lalu mampu bercerita, kata Adam Broom, profesor arkeologi di Griffith University, Pusat Penelitian Evolusi Manusia Australia, dan penulis studi tersebut, yang diterbitkan Kamis di Nature.

“Bercerita adalah bagian yang sangat penting dalam evolusi manusia, dan membantu menjelaskan keberhasilan kita sebagai spesies,” ujarnya dalam penjelasan penelitiannya. “Tetapi sangat jarang menemukan bukti mengenai hal itu dalam seni, terutama seni gua awal.”

“Kami tidak tahu apa yang terjadi dalam pemandangan ini,” tambahnya tentang lukisan gua tersebut. “Tapi ini jelas menyampaikan semacam cerita yang melibatkan interaksi antara tiga sosok mirip manusia dan babi.”

Penduduk Sulawesi sekitar 50.000 SM “dipuja” oleh babi, yang berulang kali menggambarkan dan melukis mereka dalam seni gua di sana, kata Broome. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa mereka memburu spesies yang dikenal sebagai babi kutil Celebes. Posisi gua yang lebih tinggi tidak akan nyaman untuk kehidupan sehari-hari, tambahnya, seraya menambahkan bahwa mereka pergi ke sana khusus untuk melukis atau sebagai bagian dari ritual khusus lainnya.

“Dari penemuan seni gua awal di Sulawesi, saya pikir apa yang kita miliki sekarang adalah bukti paling awal yang masih ada di dunia mengenai penceritaan imajinatif dalam penggunaan visual dalam seni,” katanya.

Situs ini merupakan tempat penemuan lukisan gua yang luar biasa. Penemuan sebelumnya di Sulawesi dalam beberapa tahun terakhir berasal dari usia 40.000 hingga 44.000 tahun, yang merupakan pameran seni gua tertua yang diketahui. Ada Setidaknya Lebih dari 300 situs seni gua dan tempat berlindung dilestarikan di wilayah ini, banyak di antaranya belum diteliti secara mendalam.

READ  Investor mendirikan situs infrastruktur pertama di Indonesia

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Lembaga Penelitian dan Inovasi Nasional Indonesia dan Griffith University serta Southern Cross University di Australia menggunakan metode penanggalan baru dengan menganalisis akumulasi lapisan kalsium karbonat di atas lukisan tersebut. Mereka memindahkan tanggal pekerjaan berusia 44.000 tahun itu mendekati 48.000.

Para ilmuwan percaya bahwa lukisan gua tertua di dunia dibuat oleh Neanderthal. Sekitar 65.000 tahun yang lalu, anggota spesies sepupu kita yang telah punah meninggalkan jejak kaki, garis, dan pola di tiga gua di Spanyol modern – setidaknya 20.000 tahun sebelum manusia modern diyakini tiba di benua tersebut.

Seni gua yang terkenal di Lascaux, Prancis paling lama berusia sekitar 21.000 tahun.