Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Otoritas Indonesia prihatin dengan meningkatnya jumlah pelajar yang bermigrasi ke Singapura

Otoritas Indonesia prihatin dengan meningkatnya jumlah pelajar yang bermigrasi ke Singapura

Indonesia- Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmi KarimTerungkap pada 8 Juli bahwa sejumlah besar pelajar Indonesia memilih untuk menjadi warga negara Singapura.

Di acara Gen Z Festival 2, sebuah komunitas anak muda yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di kalangan Generasi Z, Karim mengatakan, “Saya tidak ingat data pastinya, tapi kalau tidak salah, ada sekitar 1.000 pelajar Indonesia di Singapura. Warga Singapura setiap tahun.

Menurut sebuah laporan detikFinance Pada 10 Juli, jumlah WNI yang menjadi warga negara Singapura mencapai 1.091 pada 2022, naik dari 1.070 pada 2021.

Jumlah ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, naik dari 811 pada 2020 dan 940 pada 2019. Secara spesifik, per April 2023, 329 WNI telah berimigrasi ke Singapura, melampaui 286 yang tercatat pada periode yang sama. Tahun lalu.

Berbagai faktor telah berkontribusi terhadap tren migrasi ini. Banyak anak muda Indonesia menghadapi keterbatasan kesempatan kerja, kesulitan dalam mengakses modal, biaya hidup yang tinggi, dan kesenjangan kekayaan yang signifikan. Namun, tidak ada data yang dapat dipercaya tentang kerugian material atau non-materi sebagai akibat dari peristiwa ini.

Anton baru, Direktur Studi Ekonomi Politik dan Kebijakan (PEPS), menilai prospek Singapura ke depan sangat menjanjikan. Siswa yang ingin mengejar karir di sana mencari stabilitas pendapatan. Budiawan mengatakan, “Gaji di Singapura lebih tinggi daripada di Indonesia, sehingga biaya hidup yang relatif tinggi tidak menjadi masalah.”

SingapuraMeski berukuran kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa, namun telah menjadi salah satu negara paling maju di ASEAN.

Upah di Singapura relatif besar, dengan gaji bulanan rata-rata S$5.070 pada tahun 2022 (setara dengan sekitar Rp57,5 juta).

READ  Hotel dijual di Indonesia percaya pada prospek percaya diri untuk industri ini

Sebaliknya, upah minimum di Indonesia sangat bervariasi menurut provinsi atau kota. Misalnya, Gubernur DKI Jakarta telah menetapkan upah minimum di Jakarta untuk tahun 2023 sebesar Rp 4.901.798 per bulan. Upah Minimum Regional (UMR) tertinggi di Indonesia tahun 2023 sebesar Rp5.176.179 per bulan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Presiden Seratus Tahun, Tinno ardiansya, menyoroti pentingnya mengatasi tantangan yang dihadapi oleh generasi muda. Dia mengutip kesempatan kerja yang terbatas, akses modal yang terbatas, biaya hidup yang tinggi dan perbedaan kekayaan yang signifikan sebagai faktor penyebabnya.

Ardiansyah menekankan perlunya pemerintah Indonesia menciptakan pasar tenaga kerja yang lebih menarik untuk mencegah hilangnya sumber daya manusia yang berkualitas ke negara lain.

dr. Thudi Putirahayu Tra MCSeorang sosiolog dari Universitas Erlanga mengatakan, migrasi mahasiswa Indonesia ke Singapura merupakan fenomena alam yang didorong oleh faktor pendorong dan penarik.

Dr Tutti menjelaskan bahwa kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, peningkatan karir dan kualitas hidup di Singapura merupakan faktor yang menarik bagi warga negara Indonesia untuk mempertimbangkan perubahan kewarganegaraan.

Dia juga menekankan bahwa migrasi adalah masalah hak asasi manusia individu.

Meskipun tren migrasi dapat berdampak positif pada reputasi Indonesia secara global, terdapat potensi konsekuensi negatif.

Jika para migran tidak berkontribusi pada pembangunan daerah asalnya, berbagai sektor dapat terbengkalai karena kekurangan sumber daya manusia.

Untuk mencegah brain drain, pemerintah Indonesia telah mencanangkan inisiatif seperti program beasiswa yang ditawarkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini mensyaratkan penerima beasiswa untuk kembali ke Indonesia dan bekerja minimal dua tahun setelah studi di luar negeri.

Rahmat HandoyoSeorang anggota DPR RI menekankan perlunya perbaikan sistem ketenagakerjaan di Indonesia untuk mencegah generasi muda menjadi warga negara negara lain.

READ  Polisi Indonesia membubarkan rapat umum tersebut setelah melanggar truk polisi pappuvan Pengunjuk rasa

Dia menyarankan reformasi dalam sistem upah minimum, akses yang lebih mudah ke fasilitas kesehatan, peningkatan transportasi umum dan pemeliharaan lingkungan yang bersih.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, BerandaMeski diakui fenomena warga negara Indonesia yang berimigrasi ke Singapura, angka 1.000 per tahun dianggap kecil dibandingkan dengan keseluruhan penduduk Indonesia di Singapura yang terdiri dari 5.000 pelajar dan 160.000 pekerja rumah tangga.