April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Akankah Generasi Muda Indonesia Mendorong Pertumbuhan Ekonominya?

Akankah Generasi Muda Indonesia Mendorong Pertumbuhan Ekonominya?

Di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, generasi muda mempunyai kekuasaan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Mereka memikul lebih banyak tanggung jawab untuk memenuhi rencana ambisius Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian dan berbicara lebih keras di panggung dunia, membantu mengatasi berbagai tantangan mulai dari penciptaan lapangan kerja hingga perubahan iklim.

Untuk pertama kalinya, lebih dari separuh (52%) pemilih terdaftar memberikan suaranya pada Hari Valentine. Pemilihan umum kurang dari 40, sepertiganya berusia di bawah 30 tahun. Para kandidat di negara yang paham media sosial ini menjangkau pemilih melalui video TikTok, meme K-pop, dan kartun yang dibuat oleh AI. Berdasarkan jajak pendapat, pemenangnya adalah Prabowo Subianto, 72 tahun, dan wakil rektornya Gibran Rakabuming Raka, 36 tahun, akan menjadi wakil presiden termuda di Indonesia.

“Terima kasih kepada Prabowo yang telah memberikan wadah bagi generasi muda untuk menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Emas,” kata Gibran, yang ayahnya adalah Presiden Joko Widodo saat ini. Widodo telah menyerukan kepada “generasi emas” generasi muda Indonesia untuk meningkatkan pengaruh negaranya secara global. Mendorong penarikan Rusia dari wilayah pendudukan dan mendorong perdamaian yang adil dan abadi bagi Ukraina termasuk dalam daftar pengaruh Indonesia.

Jika pemenangnya sudah jelas, yaitu Prabowo dan Gibran yang akan mengambil alih kepemimpinan negara tersebut, perang intensif Rusia terhadap Ukraina, yang kini sudah memasuki tahun ketiga, akan terus menghambat pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia, melemahkan kapasitas Indonesia, dan melemahkan prinsip persatuan regional. Diabadikan dalam Piagam PBB.

Ukraina membantu Indonesia memperoleh kemerdekaan pada tahun 1940an

“Dalam kehidupan nasional Indonesia, pemuda telah memainkan peran yang sangat penting sejak awal,” kata Tamalia Alizjapana, editor sosial dan budaya surat kabar Independent Observer di Indonesia. “Semua pejuang kemerdekaan kita masih muda,” ujarnya dalam perjuangan kemerdekaan dari Belanda. Perdana menteri pertama Indonesia berusia 36 tahun, begitu pula Gibran yang menterinya berusia di bawah 30 tahun.

READ  Menteri Pertahanan Indonesia memperluas keunggulan jajak pendapat menjelang pemilihan presiden

Ukraina memainkan peran yang tidak terduga namun penting dalam perjuangan kemerdekaan tersebut. Pada awal tahun 1946, Republik Sosialis Soviet Ukraina Anggota pertama Isu kemerdekaan Indonesia diangkat oleh PBB. Parade syukur untuk Ukraina diadakan di Yogyakarta pada bulan Februari itu.

Saat ini, seperti masyarakat Indonesia pada tahun 1940an, masyarakat Ukraina “ingin merdeka,” kata Alizjabana. “Waktu itu Ukraina membantu kami di PBB. Mungkin sekarang saatnya kita membayar utang itu,” ujarnya.

Saya akan membeli emas pada tahun 2045

Generasi muda Indonesia, yang memainkan peran transformatif dalam perjuangan demokrasi pada tahun 1990an, kini menghadapi tantangan lain yang menentukan era ini – Visi Indonesia Emas 2045. Rencana besar Widodo, yang didukung oleh semua calon penerusnya selama kampanye pemilu, bertujuan untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, maju, dan ekonomi terbesar kelima di dunia pada peringatan 100 tahun kemerdekaan.

Para pengambil kebijakan percaya bahwa kunci untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memanfaatkan “dividen demografi” di Indonesia, yang mana jumlah pekerja usia kerja (usia 15 hingga 65 tahun) meningkat. akan mencapai puncaknya Pada tahun 2030-35. “Kami tidak berjalan santai di sini, dan kami tidak berlari kencang,” jelas Widodo. November. “Yang kami lakukan adalah lari maraton untuk mencapai Indonesia Emas.”

Jajak pendapat menunjukkan Milenial dan Gen Z merupakan kelompok demografis yang paling tertarik dengan topik pengangguran, kemiskinan, dan korupsi. Namun, peluang besar menanti mereka. Selain transformasi ekonomi, hal ini juga penting untuk meningkatkan kesejahteraan negara, termasuk transisi menuju energi ramah lingkungan. Itu Kekuatan menengah terkemuka.

“Ada keinginan yang tulus dari semua kandidat untuk menjadikan Indonesia negara yang lebih baik, tidak lagi hanya sekedar menjadi penjaga gawang, namun menjadi pemain global yang lebih aktif. Indonesia harus berusaha sekuat tenaga,” kata kepala hubungan internasional Lena Alexandra. Center for Strategic and International Studies di Jakarta pada Webinar Chatham House pada awal Februari 2024.

READ  Indonesia mewajibkan bursa mata uang kripto untuk mendaftar ke bursa aset digital nasional

Generasi muda memainkan peran yang semakin penting dalam diplomasi Indonesia, katanya kepada Business Insider, karena mereka “lebih cepat mengikuti berita melalui media sosial…dan lebih penting dalam menghubungkan isu-isu kebijakan eksternal atau luar negeri dengan isu-isu dalam negeri.”

Akademisi, aktivis, dan jurnalis muda Indonesia bergabung dalam forum 'Perdamaian untuk Ukraina' Uni Eropa di Jakarta pada bulan Juli lalu. Mereka termasuk Safina Maulita dari Aliansi Teh Susu Indonesia yang pro-demokrasi, yang memimpin protes anti-perang di luar kedutaan Rusia di Jakarta, dan Abigail Limuria, salah satu pendiri situs web Bijak Memilih (Pilih dengan Bijaksana) yang membantu generasi muda Indonesia memahami lanskap politik. .

Pemuda Indonesia dan para pemimpinnya telah menyuarakan perdamaian dan kesejahteraan dunia. “Penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah negara lain merupakan prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh semua negara tanpa kecuali,” kata Menteri Luar Negeri Redno Marsudi. Di Januari.

Mitra demokrasi di Indonesia berharap bahwa Prabowo akan melanjutkan upaya Jokowi dalam mengadvokasi penyelesaian damai yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina.

Postingan ini telah dibuat Studio Orang Dalam Dengan Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan.