Desember 8, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

OPM menyerukan serikat pekerja global untuk memasukkan barang dan jasa Indonesia ke dalam daftar hitam

OPM menyerukan serikat pekerja global untuk memasukkan barang dan jasa Indonesia ke dalam daftar hitam

Laporan Asia Pasifik

Menjelang pertemuan Pasifik Papua Nugini, ketua Organisasi Papua Merdeka-OPM Jeffrey Bomanak telah menyerukan embargo internasional atas barang dan jasa Indonesia untuk memprotes apa yang dia sebut sebagai “pendudukan militer ilegal” Jakarta di Papua Barat.

Bomanak telah menantang Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken untuk bertemu dengannya selama kunjungannya ke Port Moresby hari ini untuk meninjau “enam dekade bukti fotografi utama kejahatan Indonesia terhadap kemanusiaan”.

“Orang-orang saya telah berperang untuk pembebasan dari pendudukan dan aneksasi ilegal Indonesia selama enam dekade,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Enam Dekade Kebiadaban dan Pengabaian Internasional yang Parah.”

Dia mengatakan “pencurian” Papua Barat dan sumber daya alamnya “didokumentasikan dengan baik dalam banyak buku dan jurnal” dengan keterlibatan pemerintah AS dan Australia.

Dia menggambarkan pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung di Papua Barat sebagai “parodi keadilan”.

“Indonesia tidak akan pernah melepaskan Papua Barat. Kami menunggu tindakan pembebasan,” kata Bomanak.

“Kepada semua serikat pekerja dan setiap anggota serikat pekerja – bantu kami mencapai hari pembebasan kami.”

Kedua perjanjian untuk ditandatangani
Sementara itu, PNG Post-Courier laporan Perdana Menteri James Marab mengkonfirmasi tadi malam bahwa perjanjian pengiriman dan perjanjian kerja sama pertahanan akan ditandatangani dengan AS sore ini.

James Marab, Perdana Menteri PNG. . . Ia berencana untuk menandatangani kedua perjanjian dengan AS hari ini. Gambar: PNG Post-Courier

Menteri Luar Negeri AS Blinken akan menandatangani perjanjian tersebut selama kunjungannya ke PNG.

Marabe mengatakan dia tidak melihat geopolitik terlibat dalam kesepakatan pertahanan. Dia menandatangani perjanjian untuk melindungi perbatasan teritorial “dari segala macam ancaman yang muncul”.

Dia mengatakan perjanjian itu hanyalah perjanjian kerja sama kekuatan pertahanan seperti yang dilakukan Australia dan Indonesia.

Marab mengadakan makan malam tadi malam untuk semua pemimpin negara Pasifik yang telah tiba lebih awal kemarin dan Sabtu.

READ  Berencana untuk belajar di luar negeri? Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Indonesia

Dia mengatakan para pemimpin Pasifik akan menyampaikan tantangan mereka kepada para pemimpin dunia Blinken dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Cetak ramah, PDF & email