Juli 30, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Nazi Goreng: Hidangan Pembersih Pantry Pantry Terbaik | Makanan dan minuman Australia

D.Wi Larasatie Nur Fibri, peneliti makanan dan gastronomi di Katja Mada, Universitas Indonesia, sebenarnya menulis buku tentang Nazi Goreng. Di mana dia menjelajah Hidangan 104 variasi, Yang bervariasi tidak hanya antar daerah tetapi juga antar rumah tangga.

Studinya menambahkan masalah yang sangat dibutuhkan untuk perjuangan makanan yang sedang berlangsung mengenai asal-usul Nazi Goreng, yang diciptakan pada tahun 2016 oleh pesepakbola Rio Ferdinand. di-tweet: “Makan Siang Nasi Goreng. Memilikinya secara lokal di #Singapore saat mengunjungi negara pulau.

Hidangan nasi ini, yang digoreng dengan bumbu pedas dan ditaburi sayuran, daging atau telur, telah menjadi makanan pokok bagi orang Malaysia dan Indonesia. Kedua belah pihak mengklaim kepemilikan hidangan, dan terkejut melihat pinjaman Singapura.

Tapi semua klaim itu benar karena Nazi Koreng diterjemahkan sebagai “nasi goreng” dalam bahasa Melayu dan Indonesia. Berkat ikatan keluarga, perdagangan dan migrasi antara tiga negara pra-kemerdekaan, makanan terjalin.

Namun, sulit untuk mendefinisikan apa yang membuat Nazi Goreng Indonesia, Malaysia, atau Singapura. Namun, Fiber percaya bahwa tidak ada yang namanya “standar” Nazi Goreng.

Apa yang selalu benar tentang hidangan ini adalah bahwa ini adalah cara inovatif untuk menggunakan nasi kuno hari ini dan meregangkan makanan menggunakan rempah-rempah dan sayuran yang layu di lemari es. Ini adalah konsep penting di daerah di mana nasi adalah makanan pokok yang dimakan orang tiga kali sehari. Ini adalah panci, piring pembersih dapur yang dibumbui dengan orak-arik atau telur goreng.

READ  Membuka masa depan digital pertanian Indonesia

“Bahan yang paling umum adalah bawang putih, bawang merah, merica dan cabai, dengan tambahan topping biasanya telur, udang, daun bawang atau ayam,” kata Fibre. “Di luar itu ada perbedaan daerah. Di Bali bumbu dasar gula aren dan lilin. Di Madonna ada di Chivs dan Jawa.

Perbedaan ini tidak terlihat jelas di kafe dan restoran di Australia, yang biasanya menyajikan Koreng Nazi Indonesia versi “nasional”. Menurut koki konsultan yang berbasis di Melbourne, Peterson Burvo Kafe CC, Nazi Goreng di Australia biasanya termasuk Kikab Manis dan Kerobok (kerupuk ikan goreng), yang sesuai dengan penampilannya. Tetapi lebih dari jumlah kubis atau kedelai yang ditemukan di Indonesia, koki di Australia dapat menggunakan wortel dan kacang polong beku sebagai sayuran sesuai selera lokal.

“Ketika saya pindah dari Indonesia ke Australia pada tahun 1997, nasi gorengnya lebih ke gaya Cina, yang versi lebih sederhana tanpa bumbu. Namun belakangan ini, dengan program seperti MasterKef, orang-orang dihadapkan pada cita rasa baru. Jadi mereka lebih cenderung membeli barang seperti Sambal Oleg untuk membuat Nazi Goreng,” ujarnya.

Sambal Oleg adalah sambal terasi khas Indonesia yang kini banyak dijual di supermarket besar. Ini mungkin berkontribusi pada diversifikasi istana Australia, tetapi juga lebih jauh menegaskan gagasan bahwa Nazi Goreng adalah khas Indonesia, seperti yang terlihat oleh koki kelahiran Malaysia, Irna Mysara.

Ketika dia mengelola restoran Sijori, Pada menu dia memiliki tiga jenis nasi goreng: nasi goreng kampung (gaya Malaysia) dengan belagan abu-abu (terasi yang difermentasi), selada air, kacang panjang dan jangkar goreng; Nazi Goreng Sijori (gaya Indonesia) berisi campuran cabai-bawang putih-bawang merah dan Kikab Manis; Dan Nazi Goreng Kapitan (gaya Cina) yang bukan campuran putih telur dan rempah-rempah.

“Gaya Indonesia sangat populer karena pelanggan Australia mungkin lebih menyukai makanan Indonesia daripada makanan Malaysia. Seiring waktu, gaya Malaysia Nazi Goreng kami menjadi lebih populer karena orang terbiasa dengan belgan abu-abu dan jangkar goreng – itu adalah bom rasa.”

Ada beberapa kebenaran tentang hubungan dekat antara Australia dan Indonesia dibandingkan dengan Australia dan Malaysia. Indonesia Itu adalah tujuan liburan paling populer kedua bagi warga Australia pada 2019, sementara Malaysia tidak masuk dalam daftar 10 teratas. Dari 1,4 juta warga Australia yang terbang ke Indonesia tahun itu, 1,23 juta Polly. Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang diajarkan di sekolah menengah Australia tanpa adanya bahasa Melayu. Supermarket besar dan besar di Australia memiliki dua label makanan besar Indonesia, Indofood Dan Bambu Ke Malaysia / Singapura Ayam Merek.

Meski demikian, Mysore tidak akan terseret ke dalam perdebatan mengenai negara mana yang memonopoli Nazi Goreng. “Makanan sangat politis. Klien saya selalu ingin tahu negara mana yang asli Nazi Goreng dan siapa yang menirunya. Saya beritahu mereka bahwa Nazi Koreng adalah makanan Melayu, ada orang Melayu di Indonesia, Malaysia dan Singapura. ”

Alih-alih memainkan “Siapa yang masak duluan”, Nazi Goreng menawarkan dua tips untuk pengunjung yang baru pertama kali datang. Yang paling penting adalah selalu menggunakan nasi yang dimasak sepanjang hari, tidak pernah nasi yang baru dimasak – jika tidak, nasi tidak akan hancur. Kemudian, goreng dengan api besar hingga campuran bumbu terpisah dari aroma dan minyaknya. “Jika campuran rempah-rempah berwarna hijau saat Anda menambahkan nasi, Anda tidak dapat menyimpan hidangannya. Inilah sebabnya mengapa campuran bumbu, telur, dan sayuran sebaiknya dimasak secara terpisah dan dicampur dengan nasi. Ini akan memakan waktu lebih lama, tetapi tidak mungkin salah. ”

Resep Irna Mysara untuk Nazi Goreng Kambung

Nasi goreng desa Irna Mysore. Foto: Sijori

Minyak sayur netral
150 gr dada ayam
, Di iris tipis
2 siung bawang putih
, cincang
2 sdm oleg abu-abu
bawang merah
, Terpecah-pecah
3½ cangkir nasi gandum panjang yang dimasak
1 sendok makan mulai pasta,
Tersedia dari sebagian besar pedagang Asia
80 gram selada air
43 g jangkar renyah
2 sendok makan kecap ikan
2 sdm kecap manis
Garam
Untuk merasakan
Gula Untuk merasakan

Menghias
4 butir telur
1 bawang bombay iris
Bawang goreng
Timun

metode

Panaskan sedikit minyak dalam wajan besar dengan api besar. Masak ayam hingga kecoklatan di kedua sisinya.

Panaskan 2 sdm minyak dalam wajan (atau penggorengan) dengan api besar. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih lalu masak hingga harum. Tambahkan oleg abu-abu dan pelagian.

Tambahkan nasi dan ayam rebus. Pecahkan nasi, panaskan nasi dan goreng sampai terlapisi dengan baik dalam pasta.

Tambahkan selada dan jangkar ke air. Tambahkan kecap ikan dan kegab manis dan lumuri nasi secara merata, lalu bumbui dengan garam dan gula.

Pindahkan nasi goreng ke piring saji dan taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

Masak telur, di sisi yang cerah. Sajikan nasi dengan sisi telur goreng dan mentimun di atasnya.