Oktober 17, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Adzan menarik perhatian orang banyak di Indonesia yang hancur lebur

Umat ​​Islam melaksanakan salat pada malam pertama Ramadhan pada 21 April 2021 di Masjid Agung Istiqlal Jakarta. FOTO FILE AFP

Jakarta – Masjid ramai di seberang Indonesia terjangkit virus Jumat meskipun ada peringatan terhadap unjuk rasa massal karena jumlah kematian harian di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia itu meningkat ke titik tertinggi sepanjang masa.

Lebih dari 270 juta rumah sakit di negara Asia Tenggara memiliki infeksi dan kematian Pemerintah-19, melampaui India sebagai pusat virus corona di Asia.

Khawatir ledakan lebih lanjut dalam penyebaran, pemerintah dan Dewan Masjid Indonesia telah menyerukan jutaan orang percaya untuk berdoa, dengan 54.000 kasus baru, karena 1.205 orang telah meninggal dalam 24 jam terakhir.

Namun azan Jum’at, hari paling suci umat Islam, datang dari Ibu Jakarta yang tinggal di daerah tersebut. Itu sangat kuat bagi banyak orang, termasuk Rofit Hilmi (25).

“Saya sangat khawatir, tapi saya serahkan kepada Tuhan untuk melindungi saya. Saya berharap semuanya berjalan baik-baik saja,” kata Hilmi bertopeng yang baru sembuh dari virus itu.

“Saya tidak ingin mengabaikan kewajiban agama saya,” katanya.

Ada laporan tentang pelanggaran keamanan yang meluas, termasuk anak-anak yang tidak bersenjata dan umat yang berdoa secara berkala.

Serbuan ke banyak masjid di Indonesia – diperkirakan sekitar 750.000 di seluruh negeri – mungkin telah diperburuk oleh pembalikan keputusan baru-baru ini pemerintah untuk menutup gereja dan kuil Hindu di pulau liburan Bali.

Pembatasan ini merupakan bagian dari serangkaian pembatasan ketat yang menutup pusat perbelanjaan, restoran, dan perkantoran di ibu kota Jakarta, serta Jawa dan Bali yang padat penduduk.

Tetapi aturan bahwa rumah-rumah kepercayaan dapat tetap buka dengan cepat diubah, dan doa-doa umum tidak diperbolehkan karena variasi delta yang paling menular tersebar di seluruh pulau.

READ  3 Harimau Sumatera terancam punah di Indonesia

Imam Adarugutni, sekretaris jenderal Dewan Masjid Indonesia, mengatakan: “Karena tidak ditutup, masjid-masjid dibuka untuk sholat.

‘Terlalu rendah, terlambat’

Gereja telah membentuk komite untuk mendorong orang untuk tinggal di rumah, tetapi ini adalah hal yang menarik.

“Sangat sulit untuk mencegah orang pergi ke masjid,” kata Adargutni.

“Tetapi berdoa di rumah dapat menyelamatkan nyawa, dan epidemi telah membunuh banyak orang.”

pekerja pemakaman Indonesia

Pemakaman diistirahatkan pada 17 Juli 2021 di Pemakaman Keputih Surabaya, Jawa Timur, tempat pemakaman korban virus corona Kovit-19 dimakamkan. AFP

Dia mengatakan pertemuan hari Jumat bisa menjadi campuran sentimen kuat tentang agama, dan bahwa pesan dan kebingungan pemerintah harus mengabaikan peringatan tentang pertemuan massal dari beberapa pemimpin agama.

Bulan ini, kantor Majelis Ulama Indonesia setempat, yang memiliki jutaan anggota Muslim, menyarankan warga Sumatera Barat untuk mengabaikan peringatan berbasis rumah.

“Lebih penting untuk menyesuaikan diri dengan agama daripada mengikuti apa yang dikatakan beberapa orang,” kata Adarugutni.

“Yang lain percaya bahwa kematian ada di tangan Tuhan, jadi jika seseorang meninggal, itu adalah takdirnya.

“Mereka tidak mengerti bahwa menyelamatkan nyawa lebih penting dari apapun.”

Seorang ahli mengatakan bahwa penipuan online tentang penyakit menular dan virus menimbulkan kecurigaan tentang bahaya pertemuan publik.

Mohammad Najib Aska, seorang sosiolog di Universitas Katja Mada di Indonesia, mengatakan: “Banyak orang memilih untuk mempercayai orang yang salah daripada para ahli.

“Orang Indonesia tidak hanya bisa religius, mereka juga bisa patriarki – kami meminta masyarakat dan pemimpin agama.

“Pemerintah lebih banyak melibatkan pemuka agama (benar) untuk menyebarkan informasi, tetapi sudah terlambat,” tambahnya.

Kasus virus di Indonesia telah meningkat sejak jutaan orang bepergian ke seluruh negeri pada akhir bulan suci Ramadhan di bulan Mei.

READ  Orang Indonesia menentang dukungan AS untuk Israel

Sekarang, para pejabat khawatir tentang pertemuan besar yang menandai Idul Adha minggu depan – yang disebut perayaan Hari Raya Kurban Muslim tahunan – karena khawatir hal itu dapat memicu peningkatan tuntutan hukum lainnya.

Bagi Yusuf Pacquiao, tetangga yang meninggal karena virus, ada bahaya di setiap sudut.

“Kalau soal salat, masing-masing dari kita punya keyakinan masing-masing,” katanya dari sebuah masjid di Pekasi di pinggir Jakarta.

“Bukan hanya shalat Jumat, ada banyak kegiatan lain yang menyebarkan virus.”

Klik untuk berita lebih lanjut tentang novel virus Corona Sini.

Apa yang perlu Anda ketahui tentang virus corona.

Untuk informasi lebih lanjut tentang COVID-19, hubungi Hotline DOH: (02) 86517800 Lokal 1149/1150.

Yayasan Inquiry mendukung mereka yang berada di bidang kesehatan kami dan masih menerima sumbangan uang tunai untuk disimpan di Rekening Giro Banco de Oro (BDO) # 007960018860 atau gunakan ini untuk berdonasi melalui PayMaya Tautan .

Baca terus

Jangan lewatkan berita dan informasi terbaru.

Langganan Temukan lebih banyak lagi Untuk mendapatkan akses ke Philippine Daily Inquirer dan 70+ topik lainnya, bagikan hingga 5 gadget, dengarkan berita, unduh sebelum jam 4 pagi & bagikan artikel di media sosial. Hubungi 896 6000.