April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Mineral Penting untuk Indonesia Debat: Konsul

Mineral Penting untuk Indonesia Debat: Konsul

(Diskusi) Mineral kritis erat kaitannya dengan upaya Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik…

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia yang dapat digunakan untuk baterai kendaraan listrik, sehingga pembahasan logam mulia menjadi penting bagi Indonesia, kata Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosen Perkasa Rozlani.

“Saya kira Indonesia bisa menjadi mitra strategis bagi Amerika Serikat dalam membangun ekosistem kendaraan listrik,” katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu.

Menurut informasi di situs web Departemen Energi, Undang-Undang Energi Amerika Serikat tahun 2020 menetapkan mineral penting sebagai mineral, elemen, komoditas, atau sumber daya oleh Departemen Dalam Negeri dan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). .

Cadangan nikel Indonesia diproyeksikan mencapai 21 juta metrik ton pada tahun 2022, atau setara dengan 22 persen dari total cadangan global, USGS melaporkan.

Selain itu, Indonesia juga merupakan produsen nikel terbesar, dengan produksi tercatat sebesar satu juta metrik ton per tahun, melampaui produksi Filipina dan Rusia masing-masing sebesar 370 ribu metrik ton dan 250 ribu metrik ton per tahun.

Dia lebih lanjut mencatat bahwa mineral kritis adalah masalah strategis bagi Indonesia karena pasokan komoditas dapat dipengaruhi oleh kelangkaan geografis, gangguan geopolitik, dan ketidakstabilan lainnya.

“(Pembahasan) erat kaitannya dengan upaya Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik mineral kritis, terutama sebagai pemasok baterai kendaraan listrik ke AS dan negara lain,” katanya.

Mineral juga merupakan bahan baku penting untuk pengembangan industri pertahanan dan teknologi hijau, lanjutnya.

Rozlani mendampingi Menko Perekonomian Erlanga Hartardo dan Menteri Perindustrian Agus Kumiwang Kartasasmitha dalam pertemuan Indo-Pacific Economic Prosperity (IPEF) di Detroit, AS pada 26-27 Mei 2023.

READ  Petugas polisi dibebaskan, satu lagi dipenjara dalam kasus pembongkaran stadion Indonesia Berita Polisi

Dubes RI menyampaikan bahwa Menko Hartardo menekankan pentingnya mineral penting seperti bahan untuk industri semikonduktor dan teknologi tinggi dalam setiap pertemuan bilateral dengan Pertemuan Tingkat Menteri IPEF dan perwakilan Negara Anggota IPEF lainnya.

Dubes mengatakan negara-negara anggota IPEF mendukung upaya Indonesia mengangkat mineral penting sebagai salah satu isu Pilar I Forum yang membahas isu perdagangan.

Selain perdagangan, pembahasan di IPEF juga terfokus pada supply chain (Pilar II), clean economy (Pilar III) dan fair economy (Pilar IV).

Diluncurkan oleh Presiden AS Joe Biden di Tokyo, Jepang pada Mei 2022, IPEF merupakan forum kerja sama 14 negara di kawasan Indo-Pasifik, yang mewakili lebih dari 40 persen perdagangan global dan 28 persen ekonomi global. Barang dan jasa.

Australia, Brunei, Fiji, India, india, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, AS, dan Vietnam.

Berita terkait: Kadin, W Australia setujui kolaborasi mineral kritis
Berita terkait: Indonesia-Korea Selatan tandatangani kesepakatan pengembangan mineral kritis

Diterjemahkan oleh: Gelik Devando, Yuu Liman
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023