Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri Indonesia mengecam usulan rencana perdamaian Ukraina

Menteri Indonesia mengecam usulan rencana perdamaian Ukraina

Singapura: Kepala pertahanan Indonesia pada hari Sabtu mengusulkan rencana untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina pada pertemuan puncak pertahanan di Singapura, menuai kritik cepat dari para hadirin.

“Saya meminta Rusia dan Ukraina untuk segera menghentikan permusuhan,” kata Prabowo Subianto, mencatat bahwa lebih dari 15 bulan konflik telah berdampak parah pada ekonomi dan pasokan makanan negara-negara Asia.

Anggota unit Garda Nasional yang baru dibentuk berlatih di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina pada Kamis, 1 Juni 2023. foto AP
Anggota unit Garda Nasional yang baru dibentuk berlatih di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina pada Kamis, 1 Juni 2023. foto AP

Dalam pidatonya di forum pertahanan dan keamanan Dialog Shangri-La, Prabowo mengusulkan gencatan senjata pada “tingkat saat ini” dan zona demiliterisasi yang dijamin oleh pengamat dan pasukan penjaga perdamaian PBB.

Dia juga menyarankan diadakannya “referendum di wilayah yang disengketakan” yang diselenggarakan oleh PBB.

“Indonesia siap memberikan kontribusi unit untuk kemungkinan operasi penjaga perdamaian PBB,” tambahnya.

China telah mengajukan rencana perdamaiannya sendiri untuk mengakhiri perang: daftar rencana yang samar-samar yang ditanggapi dengan skeptis oleh politisi UE.

Meskipun Beijing mengklaim sebagai pihak netral dalam konflik tersebut, Beijing telah dikritik karena menolak mengutuk invasi Moskow.


Sebaliknya, Amerika Serikat dan sekutu Barat telah memberikan miliaran dolar senjata dan bantuan lain ke Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari 2022.

Jakarta yang berpihak pada diplomasi nonblok sebelumnya telah mencoba menengahi perdamaian.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Kiev dan Moskow tahun lalu untuk bertemu dengan para kepala negara, sementara negaranya memimpin Kelompok 20 ekonomi utama.

Tetapi proposal Prabowo dikritik di forum tersebut, dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Joseph Borrell mengatakan bahwa perdamaian di Ukraina harus dicapai atas dasar “semata-mata”.

Mengomentari proposal Indonesia, Borrell mengatakan bahwa “kita harus membawa perdamaian ke Ukraina”, tetapi itu “bukan perdamaian menyerah”.

READ  Biden melanggar janji iklim dengan pinjaman kilang minyak Bank Ekspor-Impor Indonesia

Prabowo meninggikan suaranya dan menjawab: “Tanyakan sudah berapa kali Indonesia dijajah… Pelanggaran kedaulatan tidak hanya terjadi di Eropa.”

“Saya mempresentasikan rencana resolusi konflik,” tambahnya. “Saya tidak mengatakan siapa yang benar dan siapa yang salah.”

Indonesia mendukung resolusi PBB yang mengutuk agresi Rusia di Ukraina, tetapi tidak menggunakan sanksi terhadap Moskow.