Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Mantan gubernur Indonesia telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden saat musim pemilu dimulai

Mantan gubernur Indonesia telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden saat musim pemilu dimulai

JAKARTA, 19 Oktober (Reuters) – Kandidat pertama dari tiga kandidat yang mencalonkan diri untuk menggantikan Presiden Indonesia Joko Widodo mengajukan permohonan ke Komisi Pemilihan Umum Nasional pada hari Kamis, mengawali musim pemilu di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Sekitar 205 juta dari 270 juta penduduk Indonesia akan memilih pada bulan Februari untuk menentukan siapa yang akan memimpin negara yang kaya sumber daya alam dengan perekonomian lebih dari $1 triliun dan upaya ambisius untuk meningkatkan investasi asing, mengembangkan industri hilir, dan meninggalkan negara tersebut. dari bahan bakar fosil.

Tiga kandidat diperkirakan akan mendominasi pemilihan presiden – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, 72 tahun, dan mantan gubernur populer Kanjar Pranovo dan Anees Basvedan, keduanya berusia 54 tahun.

Ribuan pendukung berkumpul di Jakarta Pusat, bersorak dan mengibarkan bendera partai, saat Anis dan sopirnya tiba di KPU dengan mobil jeep atap terbuka.

“Kami membawa gagasan perubahan yang dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia,” kata Anies usai menandatangani dokumen pendaftaran dan memaparkan platform kebijakannya kepada KPU.

“Gagasan utamanya adalah kita melakukan perubahan yang mengarah pada kesetaraan dan keadilan,” katanya, seraya berjanji untuk mengurangi biaya pangan pokok, meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan, serta memberikan pendidikan yang lebih baik dan akses terhadap layanan kesehatan.

Anees, yang tertinggal dalam jajak pendapat, mencalonkan diri melawan Muhaimin Iskandar, yang juga dikenal sebagai Kek Imin, pemimpin partai Islam terbesar di negara itu, PKP.

READ  Superbank, Genesis Alternative Ventures Meluncurkan Solusi Pendanaan $39,38 Juta untuk Startup Indonesia yang Inovatif

Partai ini mempunyai hubungan dengan Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi Islam moderat dengan sekitar 40 juta anggota.

Kubu Kanchar juga telah mengisyaratkan bahwa mereka akan mendaftar pada hari Kamis, ketika jendela tujuh hari untuk mengikuti turnamen lima tahun itu dibuka.

Jajak pendapat menunjukkan Kanjar bersaing ketat dengan Prabowo, yang kalah dari presiden terkenal Jokowi pada tahun 2014 dan 2019.

Para kandidat akan mengukuhkan calon wakil presiden mereka, mengakhiri spekulasi dan manuver politik selama berbulan-bulan yang bertujuan memperkuat aliansi dan memasuki wilayah pemilih baru.

Kanjar, presiden pilihan dari Partai Demokrat Indonesia-Pakistan (PDI-P) yang berkuasa, akan bergabung dengan mantan hakim terhormat dan Ketua Menteri Pertahanan saat ini Mahfut MD dalam pencalonannya.

Mantan komandan pasukan khusus Prabowo belum mengumumkan pasangannya sebagai wakil presiden, sebuah isu yang mendominasi berita utama dalam beberapa hari terakhir di tengah spekulasi bahwa ia akan berpasangan dengan putra presiden yang berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming Rakha.

Potensi pencalonan Gibran mungkin masih diperdebatkan setelah kemarahan yang terjadi minggu ini Putusan Mahkamah Konstitusi Usia minimal 40 tahun tidak berlaku bagi calon yang telah memenangkan pemilu daerah.

Pekan ini, Jokowi mengatakan bahwa ia tidak terlibat dalam kandidat presiden, namun orang dalam politik mengatakan bahwa pemimpin yang akan keluar itu ingin mempertahankan pengaruhnya dan diam-diam mendukung Prabowo, yang tampaknya sebelumnya mendukung kandidatnya dari PTI-B, Kanjar. .

(Cerita ini telah dicetak ulang untuk memperbaiki kesalahan ketik nama kelompok Islam di paragraf 8)

Laporan oleh Stanley Vidianto; Pelaporan tambahan oleh Ananda Theresia; Penyuntingan oleh Martin Petty dan Raju Gopalakrishnan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru

Stanley melaporkan berita terkini di Indonesia. Sebelum bergabung dengan Reuters, ia adalah seorang reporter lepas yang meliput seni dan politik di negara Asia Tenggara. Di waktu luangnya, dia suka mendengarkan musik ambient atau online untuk mencari meme paling trendi.

READ  Soft Power RRC dan Kesenian Tionghoa Indonesia: Laporan dari Ujung Spektrum