Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Letusan Gunung Ibu di Indonesia memaksa evakuasi desa-desa di pulau Maluku

Letusan Gunung Ibu di Indonesia memaksa evakuasi desa-desa di pulau Maluku

Jakarta: Gunung berapi Gunung Ibu telah meletus secara spektakuler, memuntahkan awan abu kelabu ke langit, dan penduduk dari tujuh desa terdekat telah dievakuasi, kata pejabat Indonesia pada hari Minggu.

Kantor berita Indonesia Antara melaporkan bahwa awan abu vulkanik setinggi empat kilometer yang terbentuk akibat letusan gunung berapi Ibu tadi malam memicu petir yang menerangi puncak gunung berapi tersebut.

“Terdengar suara gemuruh dan gemuruh hingga ke observatorium Gunung Ibu dengan petir di kolom iritasi,” kata petugas observatorium Richard Saniako. Ledakan tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi sekitar 9 menit 12 detik, ujarnya.

Sebuah tim gabungan yang terdiri dari polisi, tentara dan petugas pencarian dan penyelamatan dikirim ke daerah tersebut untuk mengevakuasi penduduk desa-desa sekitar, kata badan mitigasi bencana dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut tidak memberikan informasi apa pun mengenai berapa banyak orang yang mengungsi, namun para pejabat merekomendasikan agar perimeter sepanjang tujuh km (4,35 mil) dievakuasi.

Lembaga Vulkanologi Indonesia pada Kamis lalu menaikkan tingkat kewaspadaan gunung berapi tersebut ke level tertinggi, setelah Ibu meletus beberapa kali awal bulan ini.

Aktivitas Ibu ini menyusul serangkaian letusan di berbagai gunung berapi di Indonesia, yang terletak di “Cincin Api” Pasifik dan memiliki 127 gunung berapi aktif.

READ  Masalah dengan rencana Indonesia untuk menarik 'pengembara digital' - Duta Besar