Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Angkatan Laut Singapura dan Indonesia telah menyelesaikan latihan bilateral anti ranjau

Angkatan Laut Singapura dan Indonesia telah menyelesaikan latihan bilateral anti ranjau

Angkatan Laut Singapura (RSN) dan Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) mengakhiri latihan gabungan Minex Pandu hari ini. Latihan Penanggulangan Ranjau Bilateral (MCM) dan Clearance Diving yang diadakan pada tanggal 14 hingga 19 Mei 2024 di perairan Batam dan Bintan meningkatkan kemampuan angkatan laut kedua negara untuk bersama-sama melawan ancaman bawah air.

Lebih dari 230 personel RSN dan TNI AL mengikuti pelatihan tahun ini. RSN berpartisipasi dalam latihan bersama dua orang paddock-Kapal Penanggulangan Tambang Kelas (MCMV), RSS paddock dan RSS Poongoldan personel Satuan Selam Angkatan Laut, TNI hadir bersama AL Pulau Fanny-Pemburu Ranjau Kelas, KRI Pulau Fanny dan KRI Pulau Fanilto, dan tim penyelam. Pelatihan tersebut mencakup pertukaran profesional dalam perburuan ranjau, teknik penyelaman izin, dan menaiki kapal, serta operasi MCM terintegrasi terhadap simulasi ancaman ranjau, operasi penyelaman, dan tembakan langsung.

Komandan Lanud TNI AL 4 Batam, Laksamana Pertama Tjatur Soniardo dan Wakil Komandan MSTF, Kolonel (COL) Chan Yeng Seng, Michael-John, meresmikan upacara pembukaan di Pangkalan Utama TNI AL 4 Batam pada 14 Mei 2024. Dalam sambutan pembukaannya, COL Chan mengatakan, ‚ÄúPersahabatan bilateral yang kuat antara TNI AL dan RSN tentunya tidak berhenti pada latihan ini. Angkatan laut kita terlibat satu sama lain di banyak bidang dan tingkatan. persahabatan yang kuat, rasa saling percaya, dan interoperabilitas yang telah kami bangun pada tingkat tinggi.” memungkinkan hal itu terjadi.”

RSN dan TNI AL secara berkala melakukan pertukaran profesional, latihan dan kunjungan, serta bekerja sama melalui Patroli Gabungan Indonesia-Singapura (CORPAT INDOSIN). Latihan Eagle Indopura, latihan bilateral RSN lainnya dengan TNI AL, merupakan latihan bilateral terlama Angkatan Bersenjata Singapura dengan militer asing. Tindakan ini menggarisbawahi hubungan keamanan yang erat dan sudah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia.

READ  Wanita Indonesia ditemukan tewas di dalam ular piton