Februari 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kuota Minyak Goreng Dalam Negeri Indonesia Akan Naik Jelang Ramadan – Menteri Perdagangan

Kuota Minyak Goreng Dalam Negeri Indonesia Akan Naik Jelang Ramadan – Menteri Perdagangan

JAKARTA: Menteri Perdagangan Indonesia mengatakan pada hari Senin bahwa produsen minyak goreng harus meningkatkan pasokan ke pasar domestik sebesar 50 persen selama tiga bulan ke depan untuk memenuhi permintaan yang meningkat menjelang hari raya keagamaan.

Produsen di Indonesia saat ini diharuskan menjual 300.000 ton minyak goreng setiap bulan untuk konsumsi rumah tangga, tetapi pedagang pasar tradisional mengeluhkan kesulitan dalam mengamankan pasokan dan melampaui batas atas harga.

“Untuk memenuhi peningkatan permintaan minyak goreng jelang Ramadan dan Idul Fitri, pemerintah dan produsen minyak goreng akan memperluas Skema Bea Masuk Pasar Domestik menjadi 450.000 ton per bulan dari Februari hingga April 2023, yang 50 persen lebih tinggi dari saat ini. kuota 300.000 ton per bulan,” kata Menteri Perdagangan Zulkipli. Hasan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, IKAPPI, mengatakan harga minyak goreng tidak bermerek naik menjadi Rp16.000 ($1,07) per liter, di atas harga tertinggi Rp14.000 per liter dan pasokan terbatas.

Indonesia memangkas ekspor minyak sawit pada bulan Januari, memungkinkan produsen mengekspor enam kali lebih banyak dari penjualan domestik mereka.

Pejabat Kementerian Perdagangan Budi Santoso mengatakan volume penjualan domestik yang baru tidak akan mempengaruhi rasio penjualan ekspor-domestik.

($1 = 14.965,0000 rupiah)

READ  Tabrakan buldoser dan kapal nelayan Indonesia 17 hilang ketakutan