Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kepresidenan Prabowo baik untuk kepentingan Australia

Kepresidenan Prabowo baik untuk kepentingan Australia

Pemilu satu hari terbesar di dunia pada bulan Februari 2024 memberikan impian lama bagi Prabowo Subianto untuk menjadi presiden Indonesia. Menjabat di bawah pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo sebagai menteri pertahanan Indonesia sejak 2019 dan menantu mendiang diktator Suharto, Prabowo tidak asing dengan politik elit. Ayahnya menjabat sebagai menteri di bawah presiden pertama Indonesia Sukarno dan Sukarto.

Rekam jejak kontroversial Prabowo sebagai komandan pasukan khusus didokumentasikan dengan baik. Perubahan citranya sebagai kakek kesayangan tidak bertahan lama selama kampanye pemilu 2024. Banyak hal yang telah dibuat tentang suasana hati populernya.

Kekhawatiran bahwa Prabowo akan memutarbalikkan demokrasi Indonesia bukannya tidak berdasar. Dia punya Lama mendukung kembalinya Prabowo beberapa kali menyerang jurnalis selama kampanye pemilu 2024, yang mencabut hak warga negara Indonesia untuk memilih presiden secara langsung berdasarkan UUD 1945.[1945அரசியலமைப்பிற்குஇந்தோனேசியகுடிமக்கள்தங்கள்ஜனாதிபதிகளைநேரடியாகதேர்ந்தெடுக்கும்உரிமையைபறிக்கும்2024தேர்தல்பிரச்சாரத்தின்போது​​பிரபோவோபலமுறைபத்திரிகையாளர்களைதாக்கினார்ஒருநிகழ்ச்சியில்அவர்diperingatkan Staf media: “Hati-hati, kami mengawasi semua yang Anda lakukan.”

Rekam jejaknya di dunia militer dan tirani ultranasionalis meresahkan kelompok minoritas, khususnya etnis Tionghoa di Indonesia dan Papua. Hubungan dengan Timor-Leste mungkin tidak akan membaik di bawah kepemimpinannya.

Namun, ketertarikan Prabowo pada hubungan luar negeri dan menjadikan dirinya di luar negeri sebagai politisi terhormat sudah lama tertunda.

Pemerintahan Australia berturut-turut memilih pemimpin yang kuat hingga mereka tidak lagi menjadi saingan strategis.

Berbeda dengan Jokowi, Prabowo nyaman dan fasih berbahasa Inggris, baik saat diwawancarai di televisi oleh jaringan media asing atau berbicara di badan diplomatik tingkat tinggi, seperti yang ia lakukan pada Dialog Shangri-La di Singapura dua minggu lalu. Forum Darurat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza diselenggarakan oleh Yordania.

Jokowi sering mengacu pada referensi budaya pop, dan membandingkan hubungan bilateral dengan Australia dengan kekuatan karakter pahlawan super Marvel. Pidato di Parlemen AustraliaPrabowo berbicara dengan hati-hati mengenai masalah impor internasional.

READ  Bandara Indonesia mengharapkan 2,5 juta penumpang

Ketika saya melaporkan pemilu presiden tahun 2019, saya diberitahu bahwa Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo memiliki petugas media yang berdedikasi untuk jurnalis asing – yang terbaik di kelasnya di Universitas Boston, yang memberikan informasi terkini setiap hari dalam bahasa Inggris dan sangat responsif terhadap pertanyaan. Sementara itu, kader-kader senior PDIP (yang saat itu merupakan partai Jokowi dan merupakan partai yang paling sukses secara elektoral dalam beberapa dekade terakhir) bahkan tidak menanggapi permintaan media saya dalam Bahasa Indonesia.

Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo sering mengunjungi Tiongkok. Perjalanan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih adalah ke Beijing, di mana ia bertemu dengan Presiden Xi Jinping, yang menimbulkan keheranan di negara-negara Barat. Dalam perjalanan yang sama, Prabowo juga mengunjungi Jepang dan Malaysia. Dengan Tiongkok dan Jepang sebagai mitra dagang dan investor utama di Indonesia, pemilihan lokasi menjadi masuk akal. Prabowo berjanji untuk memperkuat hubungan keamanan dengan keduanya.

Prabowo bukanlah siapa-siapa jika tidak sangat patriotik. Hampir mustahil membayangkan dia akan meninggalkan Indonesia Gratis dan aktif atau doktrin diplomasi “independen dan aktif” yang mendominasi sejak ungkapan tersebut pertama kali diucapkan Wakil Presiden Mohammad Hatta pada tahun 1948. Dalam konteks Perang Dingin, blok Soviet dan kebebasan membangun hubungan dengan kekuatan Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Hal ini mempunyai arti yang sama saat ini ketika Tiongkok menggantikan Uni Soviet.

“Ini warisan kita, ini sejarah kita, kita tidak mau bergabung dengan kubu mana pun, apalagi aliansi militer. Filosofi pedoman kita adalah bersahabat dengan semua negara,” kata Prabowo dalam pernyataannya. Wawancara dengan Al Jazeera Bulan lalu. Mengenai ketegangan dengan Beijing di Laut Cina Selatan, dia berkata: “Diplomasi, negosiasi – yang saya sebut cara Asia – kami telah meredakan banyak situasi.”

READ  Perempuan Indonesia ambil sampah plastik bata demi bata

Pada saat yang sama, Indonesia sedang mendorong untuk bergabung dengan OECD. Prabowo berencana memodernisasi militer Indonesia Sebagian besar senjata barat dan peralatan.

Menulis tentang “warisan tanpa tanda jasa” Sukarto setelah kematian mendiang diktator tersebut pada tahun 2008, mantan perdana menteri dari Partai Buruh Paul Keating mengamati Sekiranya pemerintahan baru Sukarto tidak “menggusur” Sukarno dan Partai Komunis Indonesia, “Indonesia yang didominasi komunis akan mengacaukan Australia dan seluruh Asia Tenggara”.

“Indonesia adalah inti dari stabilitas strategis kita,” kata Keating. Para pemimpin politik saat ini juga melakukan hal serupa.

Pemerintahan Australia berturut-turut memilih pemimpin yang kuat hingga mereka tidak lagi menjadi saingan strategis. Misalnya, pernyataan Perdana Menteri Anthony Albanese yang menyebut Narendra Modi sebagai “bos” meskipun perdana menteri India jelas-jelas memusuhi kelompok agama minoritas, lawan politik, dan pers. Atau hubungan baik Australia dengan pemerintah Vietnam yang sangat represif.

Masa jabatan Prabowo di istana kepresidenan diperkirakan akan berdampak buruk bagi kesehatan demokrasi Indonesia. Namun dengan meningkatnya ketegangan geopolitik di Asia Pasifik dan Australia yang mengupayakan stabilitas dan mendiversifikasi hubungan dagang, lima tahun ke depan dapat menjadi keuntungan bagi hubungan antara Canberra dan Jakarta.