Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kepercayaan Diri Shin Tae-yong Bantu Timnas Indonesia U-23 Bidik Piala Asia U-23 2024

Kepercayaan Diri Shin Tae-yong Bantu Timnas Indonesia U-23 Bidik Piala Asia U-23 2024

JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 punya target tinggi di Piala Asia U-23 2024. Setidaknya mereka bisa lolos ke babak perempat final atau melaju jauh ke babak semifinal untuk memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024.

Perjalanan Garuda Muda menemui tantangan berat di Grup A. Mereka harus bersaing dengan tim kuat seperti Qatar, Australia, dan Yordania.

Shin Tae-yong sadar betul dengan kekuatan lawannya di babak penyisihan grup. Ia yakin ketiga negara tersebut memiliki tim U-23 yang tak kalah kuatnya dengan timnas senior.

“Semua di Grup A adalah tim-tim kuat, terutama Qatar dan Yordania. Mereka adalah juara dan runner-up Piala Asia 2023,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers, Minggu, 14 April 2024.

Meski demikian, Shin Tae-yong sangat yakin pasukannya mampu melewati Grup A dan lolos ke babak sistem gugur.

Ia juga tak terlalu ambil pusing dengan banyaknya pemain yang membatalkan keikutsertaannya karena pihak klub tidak boleh mengingat Piala Asia U-23 2024 tidak masuk dalam agenda FIFA. Sebut saja Elkan Bagot dan Nathan Tjo-a-on.

“Beberapa pemain tidak akan bisa bergabung. Jika ada beberapa pemain lebih awal, kemungkinan besar tim akan tampil lebih baik.”

“Namun level pemain sudah meningkat. Saya hanya percaya pada pemain dan tim. Kami akan memberikan yang terbaik dengan segenap kekuatan yang kami miliki,” ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun tak tinggal diam. Kemajuan Timnas U-23 Indonesia telah dicapai dengan menggelar pemusatan latihan di Dubai mulai 1 April 2024.

Selain itu, mereka juga memainkan dua Tes melawan Arab Saudi (5/4/2024) dan Uni Emirat Arab (8/4/2024). Alhasil, Garuda Muda kalah 1-3 melawan Arab Saudi dan menang 1-0 melawan Uni Emirat Arab.

READ  10 WNI hilang setelah kapal terbalik di dekat Batu Budhe

Shin Tae-yong telah mempersiapkan pola pikir anak angkatnya untuk mencapai tujuan tersebut. Ia yakin bisa mencapai target lolos grup A.

“Kami mengadakan kamp pelatihan dan uji coba di Dubai melawan Arab Saudi dan UEA. Kami memiliki pengalaman yang sangat besar.”

“Kepercayaan diri para pemain semakin meningkat. Kompetisi membantu kami menghadapi semua tim, terutama di divisi A.”

“Saya sudah lama di Indonesia dan menangani banyak tim. Level performa kami semakin meningkat,” tegas Shin Tae-yong.

Qatar menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-23. Laga pembuka Piala Asia U-23 2024 akan digelar pada Senin, 15 April 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad.

Meski menjalani debut di Piala Asia U-23, Shin Tae-yong tak gentar. Garuda Muda siap memberikan kejutan.

Apalagi, hampir separuh pemain timnas U-23 Indonesia merupakan pemain berpengalaman yang rutin bermain di timnas senior.

Pada Piala Asia 2023, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaan, Garuda menguji tim dengan membawa mereka lolos ke babak sistem gugur.

Nantinya, pasukan Timnas Indonesia U-23 juga menjadi rumah bagi pemain yang dipercaya Shin Tae-yong untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Sementara Qatar menjadi satu-satunya tim yang lolos ke empat edisi terakhir Piala Asia U-23. Mereka hanya melewatkan edisi pertama pada tahun 2013.

Qatar telah mengoleksi gelar juara ketiga (2018) dan peringkat keempat (2016).

Australia bahkan belum pernah melewatkan Piala Asia U-23. Mereka pun berhasil meraih juara ketiga (2020) dan keempat (2022).

Akhirnya Jordan punya uang tiga tahun. Rekor terbaik mereka adalah peringkat ketiga (2013) dan tidak pernah absen di Piala Asia U-23.

Tag: Shin Tae Yong Timnas Indonesia Piala Sepak Bola Asia

READ  Viral Indonesia menghadapi krisis pasokan oksigen