Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kemenangan IBL 2023 akan mempengaruhi lingkungan bola basket Indonesia: Menteri

Kemenangan IBL 2023 akan mempengaruhi lingkungan bola basket Indonesia: Menteri

JAKARTA (Antara) – Menteri Pemuda dan Olahraga Tito Ariodetjo yakin keberhasilan penyelenggaraan turnamen Indonesian Basketball League (IPL) 2023 berdampak positif bagi lingkungan bola basket tanah air.

“Kisah sukses pertemuan IPL tahun ini akan berdampak positif bagi lingkungan bola basket Indonesia,” katanya mengutip pernyataan yang dimuat di situs kementeriannya, Sabtu.

Sistem kandang dan tandang yang digunakan selama turnamen sangat memotivasi tim saat menghadapi rivalnya di kandang sendiri.

“IPL 2023 menurut saya sangat terorganisir dengan baik dan diadakan di masa pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

IBL musim 2023 berakhir pada hari Sabtu, dengan klub Pravira Harum Bandung tampil sebagai juara. Belita mengalahkan Jaya 63-58 di game kedua final dan memenangkan game pertama 74-65.

Gelar juara tahun ini menandai gelar pertama Prawira Harum Bandung sejak didirikan pada 2018.

Menteri Ariodetjo menyaksikan langsung pertandingan kedua di C-TRA Arena Bandung pada Sabtu malam. Ia bersama Gubernur Jabar juga menyerahkan Trofi Juara IPL kepada Pravira.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan selamat kepada Pravira sebagai tim kesayangan warga Bandung, “Saya ingin mengucapkan selamat kepada Pravira Harum atas gelar tersebut. Permainannya sangat intens dan luar biasa.”

Ariotejo sudah tidak asing lagi dengan komunitas basket Tanah Air. Selain menjabat sebagai menteri, beliau juga menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan pernah menjabat sebagai Komisaris Basket klub IPL RANS PIK.

Turnamen IPL 2023 menandai edisi kedelapan turnamen nasional sejak format turnamen saat ini diperkenalkan pada 2016.

Tahun ini, Pravira berhasil merebut gelar yang belum pernah terjadi sebelumnya, sedangkan Belita Jaya mengalami kekalahan ketiga beruntun di babak final dalam tiga seri turnamen terakhir.

READ  Amerika Serikat, Indonesia Bangun Pusat Pelatihan Maritim Badam - Berita Benar

Berita Terkait: Olahraga dilanjutkan tanpa penonton: Satgas

Diterjemahkan oleh: A Rauf, Tegar Nurfitra
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023