Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kabut asap di Indonesia mendorong kualitas udara Singapura ke kisaran tidak sehat

Kabut asap di Indonesia mendorong kualitas udara Singapura ke kisaran tidak sehat

SINGAPURA, 7 Oktober — Kualitas udara di beberapa wilayah Singapura hari ini mencapai tingkat yang tidak sehat karena angin dari kebakaran hutan di Indonesia membawa kabut ke negara kota tersebut, kata badan lingkungan hidup Singapura.

Musim kemarau yang berkepanjangan telah menimbulkan risiko kebakaran hutan di pulau-pulau utama di Indonesia, sehingga memicu kekhawatiran akan terulangnya kebakaran yang mengeluarkan asap yang telah mengganggu kualitas udara di negara tetangga, Malaysia dan Singapura, dalam beberapa tahun terakhir.

Indeks Standar Pencemaran (PSI) Badan Lingkungan Hidup Nasional Singapura saat ini melampaui angka 100, dengan angka 111 di pinggiran timur dan 102 di tengah pulau.

Pada tingkat PSI antara 100 dan 200, warga disarankan untuk “meminimalkan aktivitas fisik berat di luar ruangan yang berkepanjangan,” menurut pedoman NEA.

Meski demikian, masyarakat masih terlihat jogging dan bersepeda di taman sebelah timur kota.

Jumlah titik api di pulau Sumatra, Indonesia, telah meningkat menjadi 212 dari 65 pada hari Kamis dan 15 pada hari Rabu, kata badan tersebut kemarin malam.

“Kepulan asap dan kabut teramati dari citra satelit di wilayah selatan dan tengah Sumatra. Sedikit perubahan arah angin… meniupkan kabut tipis ke arah Singapura dan memperburuk kualitas udara,” tambahnya.

Malaysia juga terkena dampaknya, dan pejabat tinggi lingkungan hidup di negara tersebut pekan lalu menyalahkan kebakaran hutan di Indonesia karena kabut asap.

Namun, Menteri Lingkungan Hidup Indonesia membantah adanya kabut asap lintas batas.

Kebakaran di Indonesia terjadi setiap tahun selama musim kemarau, namun ini adalah pertama kalinya sejak September 2019 PSI mencapai tingkat tidak sehat di Singapura.

Kebakaran hutan pada tahun 2015 termasuk yang terburuk dalam sejarah, menyelimuti Asia Tenggara dengan asap beracun selama berminggu-minggu.

READ  Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perdalam Kemitraan

Tahun itu, PSI Singapura melampaui batas 300, yang dianggap “berbahaya”. – AFP