Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Inggris perlu membangun kemitraan jangka panjang baru dengan negara-negara yang akan membentuk masa depan – akademisi

Owen Jenkins

Jakarta ●
Sabtu, 17 Desember 2022

17-12-2022
03:17

5aba7b8a7e7e6df2023f04d0fa140cfc
2
Departemen Pendidikan
Inggris , kemitraan , Indonesia , keamanan , keamanan dunia maya , perubahan iklim , G20 , transisi energi , investasi
Gratis


G20 Indonesia 2022

Minggu ini Menteri Luar Negeri Inggris James Wisely menetapkan visinya untuk masa depan hubungan jangka panjang Inggris dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Inggris akan bekerja untuk membangun hubungan diplomatik dan ekonomi yang kuat dengan sekutu baru yang akan menjadi penting di masa depan. Pendekatan ini dibangun di atas keberhasilan kerja kami dengan negara-negara mitra perdamaian dan kemakmuran selama beberapa dekade terakhir untuk mengatasi kemiskinan di seluruh dunia, mengurangi kematian dalam konflik, dan mempromosikan pembangunan secara internasional.

Indonesia adalah inti dari pekerjaan ini, dan hubungan Inggris dengan mitra Indonesia kami semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir. Delegasi presiden yang beranggotakan 20 orang itu menunjukkan penghormatan dunia terhadap Indonesia dan penghargaannya atas diplomasi kesabaran Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam menghadapi tantangan yang sangat besar.

Inggris berupaya meningkatkan kemitraan pembangunan, keamanan, teknologi, keamanan dunia maya, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan, mempererat hubungan bermakna kami dengan Indonesia berdasarkan saling menguntungkan dan keyakinan bersama dalam perdagangan bebas dan kedaulatan teritorial.

Tatanan internasional terstruktur pasca-1945, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, memungkinkan periode perdamaian dan kemakmuran yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kita hidup dalam periode kritis di mana laju perubahan semakin cepat dengan kekuatan badai, dan prinsip-prinsipnya ditantang. Tatanan internasional paling jelas dalam ketidakstabilan global yang disebabkan oleh serangan tak beralasan Rusia di Ukraina.

Inggris dan Indonesia merayakan ulang tahun ke-73rd Hari jadi hubungan diplomatik. Dalam hampir tiga perempat abad, kami telah mencapai banyak hal. Pada bulan April tahun ini, persahabatan kita yang luar biasa terkonfirmasi ketika para Menteri Luar Negeri kita menyepakati Peta Jalan Inggris-Indonesia.

READ  Menata kembali pandangan Indonesia tentang ASEAN dan Indo-Pasifik

Ini menunjukkan luasnya hubungan kita, dan mencakup komitmen untuk melindungi kepentingan kolektif dan bersama di berbagai bidang seperti perubahan iklim, pembangunan, keamanan, teknologi, dan keamanan dunia maya.

Semua aktivitas tersebut didukung oleh komitmen bersama kami terhadap sistem multilateral dan regional yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan berdasarkan hukum internasional, termasuk prinsip demokrasi, hak asasi manusia, dan kebebasan mendasar.

Vitalitas kemitraan Inggris-Indonesia telah ditunjukkan oleh acara dan kolaborasi yang konkrit dan sukses yang telah kita saksikan dalam beberapa bulan terakhir. Kami dengan senang hati mendukung kesuksesan Indonesia dalam kepresidenan G20, yang menghasilkan inisiatif penting termasuk Kemitraan Transisi Energi yang Adil (JETP).

Kemitraan yang dipimpin negara ini akan membantu ambisi Indonesia untuk mempercepat transisi energi bersih dari bahan bakar fosil ke sumber terbarukan. Transisi ini tidak hanya akan menghasilkan tindakan iklim yang lebih baik, tetapi juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi, pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan, pengurangan polusi, dan masa depan yang tangguh dan sejahtera bagi masyarakat Indonesia.

Pada KTT B20, mitra Inggris dan Indonesia mencapai kesepakatan dan pengumuman di berbagai bidang seperti transportasi, pendidikan, pertumbuhan bersih, perbaikan lingkungan, dan kendaraan listrik. Lebih penting lagi, pemerintah Inggris dan Indonesia telah menandatangani letter of intent untuk bekerja sama dalam kerjasama pembangunan kereta api, khususnya proyek MRT Jakarta, dan UK Export Finance, lembaga kredit ekspor Inggris, telah menyatakan kesediaannya untuk membiayai hingga US$1,25 miliar. . miliar.

Kemitraan Inggris yang berkembang dengan Indonesia mengikuti pertemuan menteri pertama yang sukses dari Kelompok Ekonomi dan Perdagangan Bersama Inggris-Indonesia pada Februari 2022, yang didirikan untuk mempromosikan dan meningkatkan perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi antara kedua negara kita.

READ  Pemerintah Indonesia membantu anggota Jamaat-e-Islami kembali dari India

Ini mengikuti penandatanganan Nota Kesepahaman Inggris-Indonesia tentang Kerjasama Investasi pada Oktober 2022, yang bertujuan untuk meningkatkan investasi dua arah dalam mineral bernilai tambah, transisi energi, dan ilmu kehidupan.

Kerja sama bilateral kita tentang perubahan iklim semakin kuat. Sebuah kesepakatan untuk bekerja sama dalam mendukung tujuan Indonesia dalam pemanfaatan hutan dan lahan, yang ditandatangani pada bulan Oktober tahun ini, adalah bagian terbaru dari kerjasama selama lebih dari 20 tahun.

Kami memuji kepemimpinan internasional Indonesia dalam isu iklim dan lingkungan, target Sinkronisasi Hutan dan Penggunaan Lahan yang ambisius 2030 dan penetapan standar kayu SVLK yang baru, yang berupaya untuk lebih memperkuat legitimasi dan kelestarian kayu Indonesia.

Internet dengan cepat menjadi bidang kerja sama utama dalam hubungan Inggris-Indonesia. Memperhatikan kepentingan bersama kami dalam mempertahankan ruang internet yang bebas, terbuka, damai, dan aman, kami menandatangani Nota Kesepahaman Keamanan Siber pada tahun 2018. Selama beberapa tahun terakhir, Inggris telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan regulasi keamanan siber untuk sektor perbankan; Melindungi bidang vital telemedicine; Memberikan keamanan informasi melalui latihan dan pelatihan. Saya berharap dapat lebih memperkuat kerja ini pada UK-Indonesia Cyber ​​​​Dialogue kedua di London awal tahun depan.

Kami memperdalam hubungan antar masyarakat di Indonesia dan mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui kolaborasi yang dipimpin oleh British Council di bidang pendidikan, bahasa Inggris, seni dan budaya.

Dengan populasi yang berkembang pesat dan pangsa kekayaan global yang terus meningkat, kami menyadari dan menyambut baik fakta bahwa negara-negara seperti Indonesia akan memainkan peran yang jauh lebih besar dalam membentuk cara dunia memandang kita di abad mendatang. Mereka akan memiliki suara yang lebih kuat di panggung dunia dan Menteri Luar Negeri minggu ini menguraikan ambisi Inggris untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan negara dan kawasan mitra ini, tidak hanya sekarang, tetapi untuk beberapa dekade mendatang.

READ  Air Launch of the Week: Super Air Jet di Indonesia

Bersama-sama kami akan memberikan alternatif yang kredibel dan kredibel untuk negara-negara seperti Rusia yang secara aktif dan agresif melanggar tatanan global. Tentu saja, Inggris mempertahankan ikatan kuat yang ada dengan sekutu, tetapi akan mencari kemitraan baru dengan negara-negara yang berpengaruh secara regional, kaya raya, senang mencari jalan mereka sendiri untuk kepentingan mereka sendiri dan menginginkan suara yang lebih kuat di panggung dunia. Kekuatan masa depan ini akan menjadi penting di tahun-tahun mendatang, dan Inggris akan mengejar kemitraan yang saling menguntungkan yang berfokus pada masa depan dengan mereka, melalui diplomasi dan perdagangan yang sabar, bantuan pembangunan, keahlian, hubungan budaya, keamanan, dan hubungan bilateral yang kuat. Hubungan diplomatik.

Tawaran Inggris kepada negara-negara mitra masa depan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kekuatan Inggris mereka, dan didukung dengan sumber investasi infrastruktur yang kredibel.

Dulu kita mungkin terlalu transaksional, terlalu tidak sabar. Sekarang kita harus menunjukkan ketahanan strategis dan komitmen jangka panjang dengan kebijakan luar negeri, terus-menerus merencanakan hari esok, mengamati cakrawala dan mempersiapkan diri untuk 10, 15 dan 20 tahun ke depan.

Hubungan kami dengan Indonesia sudah menjadi salah satu komitmen dan kerja sama yang telah berlangsung lama. Saya berharap dapat membantu menjadikannya lebih kuat di tahun 2023 dan seterusnya.

***

Penulis adalah Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.