Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Industri Nikel milik Justin Werner meningkatkan dividen ketika pesaingnya dari Australia berjuang untuk bertahan hidup

Industri Nikel milik Justin Werner meningkatkan dividen ketika pesaingnya dari Australia berjuang untuk bertahan hidup

Nickel Industries akan membayar dividen final sebesar 2,5¢ dan membeli kembali hingga A$100 juta ($151 juta) meskipun terjadi penurunan harga yang memicu pembicaraan krisis yang mempertemukan produsen Australia, Menteri Sumber Daya Madeleine King, serikat pekerja dan pemerintah WA di Perth pada hari Kamis.

Ms King meningkatkan kemungkinan kredit pajak produksi untuk produsen nikel setelah adanya peringatan bahwa semakin banyak tambang yang berisiko ditutup. Sekitar 1000 orang kehilangan pekerjaan telah diumumkan di WA sejak awal bulan Desember.

Investasi asing senilai miliaran dolar dalam pengolahan hilir di Indonesia telah menghasilkan peningkatan yang luar biasa sejak Presiden Joko Widodo melarang ekspor bijih yang belum diolah pada tahun 2020.

Para penambang lokal dan pemerintah Albania telah mengkritik standar lingkungan hidup, sosial dan tata kelola dalam perekonomian Asia Tenggara, dan mengajukan argumen mereka mengenai harga yang lebih tinggi dibandingkan apa yang disebut oleh miliarder Andrew Forrest sebagai nikel yang “kotor”. Mr Forrest memiliki kepentingan nikel yang signifikan sejak mengakuisisi Mincor Resources tahun lalu.

Menjelang pemilu pada tanggal 14 Februari, Nickel Industries mengkonfirmasi pembekuan investasi pada besi besar nikel.

“Pemerintah telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada lagi kapasitas nikel pig iron yang akan disetujui,” direktur pelaksana Nickel Industries Justin Werner mengatakan kepada para analis.

Investasi baru yang akan menambah sekitar 500.000 ton per tahun pada pasokan global telah ditunda atau ditinggalkan.

Nickel Industries sedang mengembangkan tambang dan kapasitas pemrosesan hilirnya di Indonesia melalui kemitraan dengan miliarder Tiongkok Chiang Guangda, pendiri Singshan Holdings, salah satu produsen baja tahan karat terbesar di dunia.

Saham perusahaan naik hampir 23 persen menjadi 74¢.

READ  K-One menjadi pemegang saham mayoritas penyedia solusi komputasi awan Indonesia

Mr Werner mengumumkan WA Nickel awal bulan ini ketika dia berkata Tinjauan Keuangan Australia Australia tidak lagi bersaing dalam bidang nikel dan para penambangnya tidak akan pernah menarik premi ramah lingkungan (green premium) untuk produk mereka.

Raksasa pertambangan BHP dan Glencore telah memperingatkan bahwa operasi nikel mereka di WA berada di bawah tekanan dan lapangan pekerjaan pun terancam. Operasi Dr Forrest di dekat Kampala telah diakuisisi oleh Wailoo miliknya seharga $760 juta dan akan ditutup pada tanggal 31 Mei.

Berbicara pada hari Selasa, ia menegaskan kembali bahwa dominasi Indonesia di bidang nikel kini serupa dengan dominasi WA di bidang bijih besi.

“Dengan menurunnya daya saing Australia di pasar nikel, Indonesia adalah pemenang terbesar dalam hal investasi hilir, lapangan kerja, dan penciptaan kekayaan,” ujarnya.

Werner mengatakan produksi nikel pig iron di Indonesia dan Tiongkok telah berkurang karena lemahnya harga.

Ekspansi hilir

Meskipun Nickel Industries terus melanjutkan ekspansi hilirnya, rencana pembangunan pabrik pelindian asam bertekanan tinggi lainnya ditunda atau dibatalkan.

Excelsior didanai sepenuhnya untuk pembangunan pabrik HPAL di Indonesia yang didukung oleh peningkatan $943 juta dari perusahaan patungan Indonesia United Tractors dan pinjaman $400 juta dari bank Indonesia, BNI.

Nickel Industries mengatakan pembelian kembali sahamnya tidak akan dimulai sampai Badan Peninjau Investasi Asing (FIRB) melihat United Tractors meningkatkan kepemilikannya lebih dari 20 persen.

Nickel Industries membukukan EBITDA sebesar $135,4 juta, meskipun pendapatannya turun 6 persen karena harga nikel pig iron turun 7,1 persen dari kuartal September.

Perusahaan mencatat adanya perbaikan pada harga nikel pig iron pada tahun ini dibandingkan dengan rendahnya harga yang menimpa seluruh pelaku industri pada bulan Desember.

READ  Indonesia Finmin Sri Mulyani Peramana C. Salah satu calon bank pekerjaan - sumber

Werner mengatakan Nickel Industries fokus untuk menjadi “pemimpin ESG” dan menyoroti rekor keselamatan tambangnya yaitu 16,7 juta jam kerja tanpa cedera serius pada tahun 2023.

Nickel Industries adalah salah satu dari dua produsen yang menerima peringkat “hijau sempurna” dari otoritas lingkungan hidup Indonesia tahun lalu, sedang menguji truk listrik, dan menandatangani perjanjian sewa dengan proyek pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi jejak karbonnya.