April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia umumkan lokasi pembangunan ibu kota baru |  Internasional

Indonesia umumkan lokasi pembangunan ibu kota baru | Internasional

Tanah jingga-merah telah pecah di hutan Kalimantan bagian timur di mana pemerintah Indonesia telah memulai pembangunan ibu kota barunya. Para pejabat menjanjikan “kota hutan lestari” yang menempatkan lingkungan sebagai pusat pembangunan dan bertujuan untuk menjadi netral karbon pada tahun 2045. Namun proyek tersebut mendapat kecaman dari para pencinta lingkungan dan masyarakat adat yang mengatakan proyek itu merusak lingkungan, dan menyusut. Habitat hewan langka seperti orangutan dan tergusurnya masyarakat adat yang menggantungkan hidupnya dari tanah.

Indonesia memulai pembangunan ibu kota baru pada pertengahan tahun 2022, ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Jakarta – ibu kota saat ini yang rentan gempa dan tenggelam dengan cepat ke Laut Jawa – akan dipensiunkan dari status ibu kota.

Rencana ibu kota baru – dua kali ukuran Kota New York – sangat muluk. Para pejabat mengatakan mereka menciptakan kota hijau masa depan yang berpusat di sekitar hutan, taman, dan produksi pangan yang menggunakan sumber daya energi terbarukan, pengelolaan limbah “pintar”, dan bangunan hijau.

“Kita harus berpikir di luar apa yang terjadi hari ini dan berusaha menghadapi (hal-hal) yang akan dihadapi masa depan,” kata Ketua Komisi Ibukota Nasional Nusantara Bambang Susandono, berbicara tentang desain kota dan kemampuan menjawab tantangan masa depan.

Render digital yang dibagikan oleh pemerintah menunjukkan sebuah kota yang dikelilingi oleh hutan, dengan orang-orang berjalan di sepanjang trotoar dengan deretan pepohonan dan bangunan dengan atap yang ditutupi tanaman, kolam, sungai yang bersih, dan hutan yang rimbun.

Arsitektur bangunannya terinspirasi dari menara kota modern yang dipadukan dengan arsitektur tradisional Indonesia: Istana Kepresidenan berbentuk garuda – burung mitos dan simbol nasional Indonesia – dan bangunan lain di nusantara yang mendukung arsitektur tradisional.

READ  Festival Indonesia kembali dengan gembira ke Somersworth NH pada tahun 2022

Dalam keadaannya saat ini, kota baru ini jauh dari kesan elegan yang dibayangkan oleh para perencananya, tetapi ada kemajuan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pada bulan Februari bahwa infrastruktur kota telah selesai 14%.

Sekitar 7.000 pekerja konstruksi sedang membersihkan, membajak, dan membangun fase pertama situs tersebut. Asrama pekerja, jalan dasar, dan landasan helikopter sudah digunakan. Pembangunan gedung-gedung besar seperti Istana Kepresidenan diperkirakan akan selesai pada Agustus 2024.

Situs yang dikunjungi oleh The Associated Press pada awal Maret menunjukkan gundukan tanah yang baru digali dengan ekskavator dan derek di sekelilingnya. Setidaknya satu situs memiliki tanda dengan kode QR yang dapat dipindai pengunjung untuk melihat tampilan 3D seperti apa karya tersebut setelah selesai; Yang lain telah mencetak tanda yang menunjukkan apa yang akan datang.

Pemerintah telah mengatakan bahwa mereka bekerja dengan mempertimbangkan lingkungan. Ada tanda-tanda pendekatan konstruksi yang lebih sadar: sepetak pohon dipagari untuk melindunginya dari mesin, pejabat telah berjanji bahwa pembibitan tanaman telah dimulai untuk proses penanaman kembali, dan hutan industri mengelilingi lokasi.

Tetapi dengan konstruksi yang meningkat tahun ini, para pencinta lingkungan memperingatkan bahwa membangun kota metropolis di hutan hujan tropis terbesar dan tertua di dunia dapat mempercepat penggundulan hutan. Dikenal sebagai paru-paru dunia, hutan menyerap karbon dioksida yang menghangatkan planet dari atmosfer dan merupakan rumah bagi banyak spesies satwa liar. Pulau ini sudah dirusak oleh perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara.

TV Chaung, pakar infrastruktur di Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, sebuah LSM lingkungan yang memantau rencana ibu kota baru, mengatakan rencana pemerintah tidak mempertimbangkan satwa unik seperti orangutan dan beruang madu. Kota baru melewati koridor hewan yang penting.

READ  Jepang menyerahkan kapal patroli penangkapan ikan ke Indonesia

“Hewan-hewan itu harus direlokasi dulu baru kemudian konstruksi harus dilakukan,” katanya. “Tapi karena harus buru-buru, mereka membangun kawasan tanpa merelokasi hewan terlebih dahulu.”

Para ahli juga prihatin tentang bagaimana ibu kota baru akan beroperasi. Sementara pemerintah berjanji kota akan bergantung pada sistem “energi pintar”, kelompok khawatir bahwa beberapa pembangkit listrik tenaga batu bara di kawasan itu dapat digunakan dalam jangka pendek.

Indonesia memiliki potensi energi yang signifikan dari matahari, pembangkit listrik tenaga air, panas bumi, angin dan sumber lainnya, namun Beberapa dari mereka hanya mengetuk 12%, menurut Badan Energi Terbarukan Internasional. Sementara angkutan umum yang ramah pengguna akan menjauhkan mobil dari jalanan kota, akan ada perjalanan udara yang luas antara ibu kota baru dan Jakarta, sekitar 1.300 kilometer (800 mil).

Suku-suku yang tinggal di wilayah tersebut dan telah kehilangan sebagian tanah mereka khawatir bahwa perluasan kota dari ibu kota baru akan memperburuk keadaan.

Pejabat telah berjanji untuk menghormati hak suku dan memberi kompensasi kepada mereka yang kehilangan rumah. Otoritas lokal memverifikasi semua klaim tanah dan menerima dokumen kepemilikan, tetapi sebagian besar wilayah diwariskan melalui keluarga tanpa dokumen, dan tidak semua wilayah kesukuan diakui secara resmi.

“Kami tidak ingin dipindahkan. “Kami tidak ingin mereka memindahkan makam nenek moyang kami, mengubah atau menghapus situs sejarah kami,” kata Sibuktin, tokoh masyarakat adat. Daerah konstruksi.

Susantono mengatakan, ada dua opsi bagi masyarakat adat untuk diikutsertakan dalam proses tersebut, antara lain ganti rugi, relokasi atau penyertaan kepemilikan toko yang akan dibuka.

“Kami akan selalu membujuk mereka dan memberi tahu mereka tentang masa depan kota ini,” katanya. “Saya harap mereka mengerti bahwa ini demi kepentingan terbaik semua orang.”

READ  Simbol Indonesia: Suaka Makanan Jalanan Chipadak - Makanan

Tetapi konstruksi sedang berjalan karena Indonesia terus menarik investor, dengan rencana pemerintah untuk membuka kota bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus tahun depan.

“Nusantara adalah kota masa depan,” kata Susanthono. “Ini akan menjadi kota yang hidup, bukan hanya kota pemerintahan.”

Daftar untuk kami Buletin mingguan Untuk berita berbahasa Inggris lainnya dari edisi EL PAÍS USA