Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemberontak di Papua Indonesia menyerukan mediasi PBB atas video penyanderaan NZ

Pemberontak di Papua Indonesia menyerukan mediasi PBB atas video penyanderaan NZ

JAKARTA, 10 Maret (Reuters) – Seorang pilot Selandia Baru yang disandera bulan lalu oleh pemberontak di wilayah Papua, Indonesia, muncul dalam video yang dirilis oleh separatis yang menyerukan PBB untuk menengahi konflik di wilayah yang kaya sumber daya itu.

Philip Mehrtens, seorang pilot dengan layanan Suzy Air domestik kecil, Feb. Ia diculik oleh kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah mendarat di landasan udara di Kabupaten Nduga pada 7 Agustus lalu.

“OPM meminta PBB untuk menengahi antara Papua dan Indonesia untuk bekerja menuju kemerdekaan Papua,” kata Mehrtens dalam sebuah video, menggemakan komentar dalam pernyataan video sebelumnya di mana dia mengatakan Papua hanya akan dibebaskan jika merdeka.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen di mana dan kapan video itu diambil. Sebi Sambom, juru bicara pemberontak, mengatakan mereka ditembak mati pada 6 Maret.

Pembaruan Terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Papua, bagian barat pulau Nugini, telah mengalami tingkat pemberontakan separatis yang paling kecil sejak wilayah yang dikuasai Belanda itu berada di bawah kendali Indonesia menyusul referendum yang diawasi PBB pada tahun 1969 yang menurut para separatis cacat.

Menteri Pertahanan Indonesia dan pejabat lainnya tidak segera menanggapi permintaan komentar atas video tersebut.

Sejak pemberontak menangkap pilot, para pejabat telah mencoba menggunakan dialog untuk menjamin pembebasannya, dengan mengatakan “tindakan penegakan hukum” akan menjadi pilihan terakhir.

Dalam satu video, Mehrtens duduk di hutan dan membacakan pernyataan, dikelilingi oleh sekelompok orang, beberapa dengan senjata dan satu lagi dengan busur.

Mehrtens, yang mengenakan jaket biru, celana coklat dan topi kamuflase, mengatakan dia diinstruksikan untuk membaca laporan tersebut dengan tuntutan baru OPM.

READ  AI Dabeeo memantau telapak tangan Indonesia

“Tidak ada pilot asing yang diizinkan bekerja dan terbang di Papua sampai Papua merdeka,” kata Mehertens.

Penyanderaan orang asing jarang terjadi di wilayah tersebut, tetapi bentrokan telah meningkat sejak 2018, dengan gerilyawan melakukan serangan yang mematikan dan sering terjadi.

Dalam video lain, Mehrtens mengirimkan cintanya kepada keluarganya dan meminta mereka membayar iuran makanan dan tagihannya.

“Jangan khawatir tentang saya, saya akan menjaganya, sebaik yang bisa diharapkan dalam keadaan seperti itu,” katanya, sambil menambahkan bahwa ia mendapatkan makanan dan air yang cukup, pakaian hangat dan obat-obatan.

Kami berharap bisa segera bersama, katanya.

Di video ketiga, seorang separatis menyerukan negara-negara seperti Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, dan Rusia untuk mengakhiri kerja sama militer dengan Indonesia.

Laporan oleh Ananda Theresia dan Angie Teo; Diedit oleh Ed Davis, Robert Birsal

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.