Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia telah mendapatkan kepercayaan global karena komitmen untuk perdamaian: utusan

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev mengatakan komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan telah menjadikannya mitra terpercaya dan terpercaya di kancah internasional.

“Inisiatif dan pendekatannya dalam menengahi masalah internasional tentunya menjadikan Indonesia sebagai mitra yang terpercaya dan dapat diandalkan di kancah internasional,” kata Dubes Mirzayev kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (16/8).

Hal itu disampaikannya menanggapi pidato Presiden RI Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR 2023 yang menyatakan bahwa Indonesia mendapat kepercayaan tinggi dari dunia internasional berkat prinsip demokrasi dan upaya untuk menjaga keberagaman.

Mirzayev menekankan kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia telah dibuktikan melalui kepresidenannya di G20 dan keketuaannya di ASEAN tahun ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, Azerbaijan juga menyaksikan partisipasi aktif Indonesia dalam mengatasi dan mencari solusi masalah global, seperti pangan, energi, dan perubahan iklim.

“Dengan demikian, beberapa contoh terbaru adalah peluncuran resmi Dana Pandemi, serta Peta Jalan Transisi Energi Bali, yang direalisasikan di bawah Presidensi G20 Indonesia,” tambahnya.

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, Dubes Mirzayev menyampaikan ucapan selamat dan doa terbaiknya kepada masyarakat Indonesia.

“Semoga negara Anda diberkati dengan kedamaian, kemakmuran, dan kesuksesan yang konstan,” katanya.

Mengenai hubungan bilateral, Mirzayev mencatat bahwa kerja sama kedua negara terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

“Seperti yang Anda ketahui, tahun lalu kita merayakan 30 tahun hubungan diplomatik antara negara kita dan dalam rangka peringatan peristiwa ini diadakan konsultasi politik antara Kementerian Luar Negeri Azerbaijan dan Indonesia,” kata Dubes.

Pertemuan tersebut memberikan dorongan besar bagi pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral, meskipun diakuinya masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

READ  Ambisi Indonesia sebagai pusat penghematan emisi karbon dapat menjadi bisnis yang berisiko

Pihaknya berharap realisasi kunjungan timbal balik tingkat tinggi dalam waktu dekat. Ia juga menekankan bahwa people-to-people contact memainkan peran penting dalam hubungan bilateral.

Oleh karena itu, Kedutaan Besar Azerbaijan di Jakarta berencana mengadakan Hari Kebudayaan Azerbaijan di Indonesia.

Dubes mengatakan melihat prospek positif dalam hal kerja sama di bidang energi alternatif, pertanian, ekonomi, serta intensifikasi hubungan antarparlemen.

Berita terkait: Indonesia harus memanfaatkan kepercayaan internasional: Jokowi

Berita terkait: Presiden Jokowi berterima kasih atas dukungan semua pihak

Reporter: Katriana
Editor: Tia Mutiasari
HAK CIPTA © ANTARA 2023