Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Dan pengungsi Rohingya telah mencapai Indonesia setelah berminggu-minggu di laut

PIDIE, Indonesia — Kelompok kedua Muslim Rohingya yang lemah dan kelelahan dalam dua hari terdampar di sebuah pantai di provinsi Aceh utara Indonesia pada hari Senin, kata pihak berwenang.

Fauci, kepala polisi setempat, mengatakan 185 pria, wanita dan anak-anak turun dari perahu kayu saat senja di lepas pantai Ujong Pai di desa pesisir Mura Tiga di distrik Bt Aceh.

“Mereka sangat lemah karena dehidrasi dan kelelahan setelah berminggu-minggu di laut,” kata Fauci.

Mereka dibawa ke balai desa dan akan tetap di sana sampai mereka mendapatkan bantuan dari warga, Kesehatan Buruh dan lain-lain.

kata Poussi Hunian Pejabat dan polisi telah berusaha mengidentifikasi 190 pengungsi Rohingya yang dilaporkan oleh PBB mengambang di perahu kecil di Laut Andaman selama sebulan.

UNHCR pada hari Jumat mendesak negara-negara untuk menyelamatkan PengungsiLaporan menunjukkan bahwa mereka berada dalam kondisi yang buruk dengan pasokan yang tidak mencukupi Makanan atau air.

“Banyak wanita dan anak-anak tewas selama perjalanan, hingga 20 orang di atas kapal yang tidak layak laut,” kata badan tersebut.

Pada hari Jumat, kelompok lain yang terdiri dari 58 orang Rohingya – semuanya – tiba di desa Ladong di kabupaten Aceh Besar.

Azharul Husna, kepala kelompok hak asasi Indonesia KontraS cabang Aceh, mengatakan pada hari Senin bahwa orang-orang dalam kelompok tersebut semuanya membawa kartu UNHCR dari kamp pengungsian di Bangladesh dan pergi untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Malaysia.

Mengutip salah satunya, 58 pengungsi melarikan diri dari Cox’s Bazar di Bangladesh, di mana lebih dari 700.000 Rohingya melarikan diri dari Myanmar untuk bekerja di perkebunan di Malaysia. Perahu mereka rusak dan mesin mati, dan mereka terapung di laut hingga mendarat di Aceh.

READ  Boeing memeriksa jet 737 tua setelah kecelakaan di Indonesia, perintah peraturan penerbangan AS

Sejak 2017, pasukan keamanan Myanmar dituduh melakukan pemerkosaan massal, membunuh dan membakar ribuan rumah milik Rohingya, mengirim mereka ke Bangladesh.

Malaysia telah menjadi tujuan umum bagi banyak pengungsi yang tiba dengan perahu, tetapi mereka juga ditahan di sana.

Meskipun negara tetangga Indonesia bukan penandatangan Konvensi Pengungsi PBB tahun 1951, UNHCR mengatakan peraturan presiden tahun 2016 memberikan kerangka hukum untuk merawat pengungsi di atas kapal di dekat Indonesia dan memfasilitasi pendaratan mereka.

Bulan lalu, 219 pengungsi Rohingya diselamatkan dari dua kapal di lepas pantai kabupaten Aceh utara.

————

Penulis Associated Press Ninik Karmini di Jakarta, Indonesia, dan Grant Peck di Bangkok berkontribusi dalam laporan ini.