Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia mengusulkan perjanjian perdagangan mineral penting dengan AS

Indonesia mengusulkan perjanjian perdagangan mineral penting dengan AS

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden AS Kamala Harris menaiki eskalator saat KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Indonesia pada 6 September 2023. REUTERS/Willy Kurniawan/Pool Dapatkan hak lisensi

JAKARTA, 7 September (Reuters) – Indonesia telah meminta Amerika Serikat untuk membuka negosiasi perjanjian perdagangan mineral-mineral utama untuk mengimbangi ekspor negara Asia Tenggara tersebut berdasarkan undang-undang deflasi AS.

Permintaan itu disampaikan saat Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan pedoman undang-undang AS yang dirilis pada bulan Maret, Washington mewajibkan sejumlah mineral penting dalam baterai kendaraan listrik (EV) diproduksi atau dirakit di Amerika Utara atau di mitra perdagangan bebas untuk kendaraan listrik yang dijual di AS agar memenuhi syarat. Untuk kredit pajak.

Indonesia tidak memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan AS, namun negara yang kaya sumber daya ini memiliki ambisi untuk memanfaatkan cadangan nikel yang besar dan menjadi mitra utama dalam produksi kendaraan listrik dan baterainya.

“Indonesia merupakan penghasil cadangan nikel terbesar di dunia sebesar 21 juta metrik ton, sehingga Indonesia bisa menjadi pemasok baterai dan EV di Amerika Serikat,” kata Jokowi, sapaan akrab Presiden, seperti dikutip. kata Kementerian Perekonomian Indonesia.

Indonesia mengundang Amerika Serikat untuk membahas pembuatan perjanjian mineral yang penting, tambah Jokowi.

Presiden berharap partisipasi Indonesia dalam Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) yang dipimpin AS akan memungkinkan ekspor mineralnya diakui sebagai “subsidi ramah lingkungan” berdasarkan Undang-Undang Inflasi.

Rencana untuk mengusulkan perjanjian perdagangan bebas terbatas dengan Amerika Serikat pertama kali dilontarkan pada bulan April oleh Menteri Senior Indonesia Luhut Panjiidan, yang mengatakan kepada Washington bahwa dia ingin Jakarta menawarkan Washington perjanjian serupa dengan perjanjian bulan Maret antara Jepang dan negara-negara Barat mengenai baterai kendaraan listrik. mineral. .

READ  Gunung Sumeru meletus di Indonesia, ribuan orang waspada

Harris, dalam pidato pembukaan pertemuan bilateral tersebut, mengatakan bahwa ia akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk meningkatkan perdagangan kedua negara melalui IPEF dan “mineral penting yang diperlukan untuk memperluas perekonomian energi bersih kita.”

Laporan Gayatri Suryo; Diedit oleh Kanupriya Kapoor

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru