Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia mencari keanggotaan di ITU RRB

JAKARTA (ANTARA) – Posisi Indonesia sebagai anggota Radio Regulatory Board (RRB) International Telecommunication Union (ITU) sangat penting untuk mewujudkan pemerataan akses telekomunikasi melalui pengembangan satelit, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Blade mempertimbangkan.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah mengusulkan nama Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota RRB Region E Asia Australasia ITU.

“Mengapa kami mengusulkan (keanggotaan RRB ITU)? (Itu) karena Indonesia saat ini aktif mengembangkan satelit,” katanya dalam siaran pers, Senin.

Hal itu disampaikan Blade setelah menghadiri pembukaan International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022) di Parliament Palace di Bucharest, Rumania pada Senin (26 September) waktu setempat.

Menteri Blade mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan kapasitas satelit tertinggi di Asia. Dia menegaskan, pemerintah telah mengembangkan dan akan melanjutkan kerja sama dengan negara-negara mitra, termasuk menandatangani kontrak pengiriman satelit.

Menteri merasa dengan memperoleh keanggotaan di ITU RRB, pemerintah dapat membantu pemerintah dalam menyediakan slot orbit sehingga akses telekomunikasi satelit lebih merata.

“Saya tentu berharap Dr Meiditomo akan berhasil sebagai anggota RRB dan memperjuangkan slot orbit untuk kepentingan Indonesia,” ujarnya.

Menteri Blade menekankan bahwa posisi strategis ITU RRB memiliki dampak penting bagi kepentingan Indonesia dan dunia dalam upaya mengurangi kesenjangan digital.

“Jadi, kami memiliki dua kontrak untuk pembuat satelit dalam orbit berkapasitas tinggi, berkapasitas tinggi, yaitu SATRIA 1 sebesar 150 Gbps dan Hot Standby Backup Satellite. 150 Gbps,” kata Plate.

Pada peluncuran ITU PP 2022, Minister Plate didampingi Sekjen Meera Tayiba, Dirjen Sumber Daya Pos dan Informatika Ismail dan Dirjen Telekomunikasi dan Akses Informatika Anang Latif.

Duta Besar RI untuk Rumania dan Moldova Amhar Azeth serta calon Indonesia untuk anggota RRB Meiditomo Sudyarjoko juga hadir dalam acara tersebut.

READ  Accelleron relokasi jaringan layanan turbo Indonesia

BERITA TERKAIT: Operasi komersial satelit HBS akan sesuai jadwal: Plat
Berita terkait: Kemenhub siapkan layanan telekomunikasi jelang KTT G20
Berita terkait: Menkeu Inspeksi Perkembangan Satelit Indonesia di Boeing, SpaceX