Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pihak berwenang Indonesia mengevakuasi ribuan orang saat gunung berapi Ruang meletus

Pihak berwenang Indonesia mengevakuasi ribuan orang saat gunung berapi Ruang meletus

[04/May/2024]

JAKARTA 04 Mei 2024 (Saba) – Pihak berwenang Indonesia telah mengevakuasi ribuan orang setelah gunung berapi Gunung Ruang meletus di utara Jakarta.

Lebih dari 3.000 orang telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman di Pulau Dagulandong, pulau tetangga di sebelah timur gunung berapi Ruong, dengan kapal angkatan laut, sipil, dan helikopter terlibat dalam evakuasi tersebut, kata kantor berita resmi Tiongkok Xinhua, mengutip Badan Mitigasi Bencana Geologi. . .

Pemerintah setempat telah mengeluarkan peringatan tsunami dan seluruh penduduk Pulau Tajlandang diperkirakan akan dievakuasi dalam waktu tiga hari.

Tingkat bahaya gunung berapi Ruang, 725 meter di atas permukaan laut, dinaikkan lagi ke tingkat empat, yang tertinggi di negara itu, dengan perintah untuk mengevakuasi pulau tersebut ke daerah yang lebih aman setelah peningkatan aktivitas gunung berapi pada Selasa lalu.

Gunung berapi Gunung Ruang, yang terletak 100 kilometer dari ibu kota provinsi Manado, meletus bulan lalu, aliran lahar dan awan panasnya menghancurkan properti, hutan, dan padang rumput, sekaligus memaksa penutupan fasilitas umum termasuk sekolah dan bandara provinsi. Daerah yang terkena dampak.

Indonesia, negara kepulauan yang luas di Asia Tenggara, terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah kawasan dengan aktivitas vulkanik dan seismik yang signifikan.

Al-Hamadani

Sumber: Sabha



READ  Pendeta Indonesia tebarkan cinta dengan menggalang dana