Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia, Kenya untuk membentuk kelompok kerja untuk memperkuat hubungan: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia dan Kenya akan segera membentuk joint working group untuk mempererat hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara, kata Menlu RI, Senin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandzaitan dalam akun Instagram pribadinya mengatakan, pokja bersama akan membahas kerja sama di tiga bidang utama: perdagangan dan investasi, pertambangan, dan pertahanan strategis.

Dia berada di Kenya setelah menghadiri Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2023 di Davos, Swiss.

Dalam kunjungannya ke negara Afrika Timur itu, Panditzaitan menyampaikan ucapan selamat Presiden Joko Widodo kepada Presiden terpilih William Ruto dari Republik Kenya dan membahas beberapa komitmen dan kesepakatan.

Dia menekankan bahwa ikrar dan kesepakatan tersebut dibuat untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan.

“Saya juga menjelaskan bahwa sumber daya alam Indonesia yang sangat besar telah dialokasikan secara efektif untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor,” katanya.

Sektor tersebut meliputi energi terbarukan, pertambangan, ekosistem kendaraan listrik, farmasi, pertahanan dan strategi, serta digitalisasi layanan publik dan pengoperasian pelabuhan.

“Kami menyatakan kesediaan Indonesia untuk berbagi pengalaman dan best practice dengan Kenya di semua sektor tersebut,” tambah Menkeu.

Karena Kenya adalah salah satu negara Afrika Timur yang telah menjalin hubungan baik dengan Indonesia sejak tahun 1955, ia berharap misinya ke Kenya dapat mempererat hubungan kedua negara.

Hubungan kedua negara diperkuat dengan dibukanya Kedutaan Besar Indonesia di Nairobi pada tahun 1982 dan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta pada tahun 2022.

“Melalui kunjungan ini, kami berharap hubungan Indonesia dan Kenya semakin erat,” ujarnya.

Berita Terkait: Indonesia menjadi produsen baterai EV terbesar pada 2027: Menteri
Berita Terkait: Vaksinasi Covid-19 tetap berlanjut meski PPKM dibatalkan: Menkes
Berita Terkait: Indonesia masuk dalam 20 negara teratas untuk kinerja pelabuhan terbaik

READ  Indonesia menyelenggarakan percakapan pembuka dengan China, berita Asia, dan kisah-kisah hebat