Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pelaku usaha Indonesia-Arab Saudi menandatangani kontrak dengan nilai total Rp2,3 T

Tempo.co, Jakarta – Pelaku usaha Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama senilai USD155,7 juta dengan lima pelaku usaha Arab Saudi.

Kesepakatan tersebut meliputi perjanjian perdagangan, perjanjian kerja sama, dan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada 23 Januari 2023 di kantor Saudi Chambers di Jeddah, Arab Saudi. Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hassan menyaksikan penandatanganan tersebut. .

“Saya menyambut baik penandatanganan perjanjian perdagangan, perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Arab Saudi. Saya berharap kerja sama nilai perdagangan dan berbagai produk terus berlanjut,” kata Menteri Zulkifli dalam keterangan tertulis, Senin. 23 Januari 2023.

Zulkifli mengatakan pelaku usaha Indonesia akan mengekspor berbagai produk ke Arab Saudi, antara lain makanan, RBD palm olein, minyak goreng, produk olahan ikan, daging, sayuran dan turunan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi dan arang.

Dari total delapan kesepakatan yang ditandatangani, MoU tersebut secara khusus menyebutkan haji dan umrah.

“MoU khusus untuk memenuhi permintaan jemaah haji menyasar produk olahan ikan dalam berbagai kemasan serta daging dan sayuran dalam berbagai kemasan,” jelas Zulkifli.

Menteri Jukifli menggarisbawahi bahwa perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri selalu siap membantu dunia usaha dalam meningkatkan ekspor, termasuk peningkatan produk dan perluasan pasar.

Didi Sumedhi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, mengatakan kementerian akan terus berupaya meningkatkan ekspor ke mitra dagang strategis dan mitra dagang nontradisional.

“Peluang ekspor Indonesia ke Arab Saudi terbuka lebar. Oleh karena itu, kami mengajak dunia usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut guna meningkatkan ekspor Indonesia ke Arab Saudi,” kata Didi.

Atase Perdagangan RI di Riyadh Gunawan mengatakan, momen ini diharapkan dapat memberikan Indonesia peluang paling populer di Arab Saudi.

READ  Pegawai pemerintah Indonesia akan bekerja dari Bali untuk meningkatkan perekonomian, tetapi para ahli meragukan dampaknya

“Kami akan terus mendorong kerja sama lebih lanjut dengan pelaku usaha Arab Saudi untuk meningkatkan ekspor nonmigas,” kata Gunawan.

Pernyataan senada disampaikan Muhammad Riwai Abbas, Ketua IDBC di Jeddah. Menurut Abbas, potensi perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi dapat dimanfaatkan lebih optimal.

“Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut, diharapkan hubungan perdagangan dan hubungan ekonomi kedua negara semakin baik,” kata Abbas.

Pada periode Januari-November 2022, total nilai perdagangan Indonesia-Arab Saudi mencapai USD7 miliar, atau naik 45,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya USD4,8 miliar. Sementara itu, total nilai perdagangan kedua negara diperkirakan mencapai 5,5 miliar USD pada tahun 2021.

diantara

Klik di sini untuk mendapatkan update berita Tempo terbaru di Google News