Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia dan Fiji membahas penguatan kerja sama perdagangan

Indonesia dan Fiji membahas penguatan kerja sama perdagangan

Nusa Dua, Bali (Antara) – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Fiji Manoa Seru Nkausabaria Kamikamika untuk membahas penguatan kerja sama perdagangan dan pembangunan.

Menteri Marsudi menyoroti peran Fiji sebagai mitra dagang terbesar keempat Indonesia dalam pertemuan bilateral di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri ke-5 Forum Negara Kepulauan dan Kepulauan (AIS) di Nusa Dua, Bali, Selasa. wilayah Pasifik.

Momentum baik ini harus kita ikuti dengan inisiatif-inisiatif strategis yang bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan perdagangan kita, termasuk pembuatan perjanjian perdagangan preferensial atau program lainnya, sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri RI.

Kedua Menteri mengapresiasi tren positif kegiatan perdagangan bilateral yang tercermin dari rata-rata pertumbuhan perdagangan sebesar 10 persen dalam 5 tahun terakhir.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Marsudi mengundang Fiji untuk berpartisipasi dalam Indonesia Trade Fair ke-38 pada 19-22 Oktober.

Ia kemudian menggarisbawahi komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerja sama pembangunan dengan Fiji melalui jalur bilateral langsung dan melalui Melanesia Spearhead Group dan Pacific Islands Forum.

Komitmen ini tercermin dalam proyek pembangunan Indonesia’s Regional Training Center for Project Farming and Agriculture di Rakaki, Fiji.

Selain itu, Indonesia juga menyelesaikan Proyek Rehabilitasi Sekolah Queen Victoria pada bulan Agustus tahun ini. Fiji menganggap sekolah tersebut sebagai tempat yang mewujudkan nilai-nilai sejarah, karena telah melahirkan banyak alumni berpengaruh, termasuk Perdana Menteri Fiji saat ini, Chithiveni Rabuka.

Marsudi menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk mendukung beberapa proyek konkrit dan menjalin kerja sama inklusif di kawasan Pasifik.

“Sebagai negara Pasifik, Indonesia mempunyai tanggung jawab moral yang besar untuk mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” ujarnya.

READ  Dailybox, brand F&B asal Indonesia yang menghadirkan masakan Indonesia halal untuk warga Singapura

Marsudi dan Kamikamika sepakat tentang pentingnya kerja sama dan kolaborasi yang kuat untuk mencapai kepentingan bersama, khususnya terkait isu global seperti perubahan iklim.

Kamikamica, yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Komunikasi Fiji, menyambut baik tawaran Indonesia untuk meningkatkan kerja sama pembangunan, khususnya di bidang perikanan, kelautan, pendidikan, pertanian, dan kesehatan. dan UMKM.

Ia juga menyambut baik undangan untuk menghadiri pameran perdagangan Indonesia pada bulan Oktober.

Berita Terkait: Pertemuan Tingkat Menteri ke-5 Forum AIS Mengembangkan Tujuh Dokumen Kerja Sama
Berita terkait: Indonesia sumbang USD 7,72 juta ke Fiji: Menteri
Berita terkait: Indonesia dan Kepulauan Fiji berkolaborasi dalam pengembangan pariwisata

Diterjemahkan oleh: Yashinta Difa, Tegar Noorpitra
Penulis: Sri Haryati
Hak Cipta © ANTARA 2023