April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia berupaya menggenjot ekspor |  Artikel

Indonesia berupaya menggenjot ekspor | Artikel

Pemerintah akan memberikan dukungan kepada pengusaha sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ekspor hortikultura Indonesia, kata Menteri Perdagangan Zulkipli Hasan.

Menurut laporan dari Di antara pesanHassan mengatakan peningkatan ekspor akan menguntungkan ekonomi dan industri hortikultura yang lebih luas.

“Pemerintah, pengusaha dan masyarakat adalah satu kesatuan. Jika petani dan pengusaha kita menang, maka ekspor akan meningkat dan itu juga akan menjadi kemenangan bagi Kementerian Perdagangan,” ujarnya saat berkunjung ke petani nanas, pisang, dan kopi awal Maret lalu.

Dalam kunjungannya, Hasan mengatakan, melalui mekanisme seperti perjanjian perdagangan, bantuan harus diberikan kepada eksportir untuk mengatasi hambatan di negara tujuan.

“Peran pemerintah adalah membantu masyarakat dan kewirausahaan tumbuh. Jika perusahaan berkembang, pajak akan meningkat dan menyerap tenaga kerja,” ujar Hasan.

Kementerian Perdagangan RI akan mendorong kesepakatan kerja sama peningkatan ekspor hortikultura dengan UE melalui percepatan dan penyelesaian Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA).

“Diharapkan negosiasi perdagangan ini akan selesai pada Agustus. Setelah disepakati, pengusaha tidak perlu membayar bea masuk produk hortikultura ke UE,” kata Hassan.

READ  KBRI membantu warga negara dalam pemungutan suara awal