April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia akan berbicara di pengadilan internasional mengenai pendudukan Israel di Palestina dan hak-hak rakyat Palestina.

Indonesia akan berbicara di pengadilan internasional mengenai pendudukan Israel di Palestina dan hak-hak rakyat Palestina.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan berpidato di Mahkamah Internasional (ICJ) pada 19 Februari terkait pendudukan Israel atas Palestina. Ia sedang mempersiapkannya dengan berkonsultasi dengan ahli hukum. Persiapan ini mencakup perdebatan di Jakarta tentang mendukung kemerdekaan Palestina melalui undang-undang.

Majelis Umum PBB meminta nasihat hukum dari ICJ mengenai tindakan Israel di wilayah Palestina, termasuk Yerusalem Timur. Permintaan ini mereka ajukan pada 17 Januari 2023.

Menteri Luar Negeri Retno mengatakan, nasihat ahli diperlukan untuk mengembangkan opini hukum yang komprehensif guna menunjukkan pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel kepada dunia.

Menlu Retno menyatakan tindakan Israel seperti akuisisi tanah Palestina, pembangunan di Tepi Barat, dan perubahan status Yerusalem merupakan pelanggaran hukum internasional. Ia berpendapat kegiatan tersebut harus dihentikan dan dimintai pertanggungjawaban karena melanggar hukum. Dia menambahkan bahwa negara-negara harus berhenti mendukung Israel, sementara komunitas global, termasuk PBB, tidak boleh menerima tindakan Israel sebagai hal yang sah.

“Indonesia mendukung upaya Majelis Umum PBB untuk meminta pendapat penasihat Mahkamah Internasional. Hukum internasional harus ditegakkan. Hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri harus dihormati. Pendudukan Israel atas Palestina telah berlangsung. Sudah lebih dari 70 tahun bertahun-tahun, hak kebebasan rakyat Palestina tidak bisa dirusak. dikatakan Menteri Luar Negeri.

Kasus Afrika Selatan melawan Israel

Afrika Selatan membawa Israel ke ICJ dengan tuduhan genosida. Mereka telah meminta Pengadilan Tinggi PBB untuk segera menghentikan aksi militer Israel di Gaza.

“Hal ini diperlukan untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina dari dampak buruk yang lebih serius dan tidak dapat diperbaiki,” kata Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, menurut PTI.

Presiden Ramaphosa menyerukan akses kemanusiaan yang luas dan tanpa hambatan untuk memberikan bantuan dan layanan penting kepada semua orang di Gaza.

READ  Dua kapal pukat Indonesia disita di Phuket

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin mendalam hingga pelacakan saham real-time, berita terkini, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! Masuk sekarang!